Terkait Kerja Sama Selatan-Selatan, Anies : Lakukan seperti Ali Sastroamidjojo

Terkait Kerja Sama Selatan-Selatan, Anies : Lakukan seperti Ali Sastroamidjojo

Foto : Anies Baswedan, Di Debat Capres Ketiga Tahun 2024 di Jakarta, Minggu (7/1).--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.IDDi Debat Capres yang ketiga tahun 2024 semalam, yang digelar pada minggu (7/1), ada salah satu pertanyaaan yang menyinggung soal strategi setiap pasangan calon (paslon) untuk memperkuat kerja sama Selatan-Selatan.

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menyebut presiden sebagai panglima diplomasi mesti melakukan cara seperti yang diterapkan Ali Sastroamidjojo. Yakni, merangkul semua pemimpin negara Selatan-Selatan sekaligus membahas agendanya.

BACA JUGA:Di Debat Capres, Anies Baswedan Janji Bawa Indonesia Jadi Penentu di Dunia

“Yang harus dilakukan seperti yang dilakukan ketika era Bung Karno oleh Ali Sastroamidjojo. Apa yang dikerjakan? Merangkul semua, membawa apa yang mnjd agenda Selatan-Selatan,” jelasnya.

Anies pun memberikan salah satu contoh agenda yang patut dibahas bersama Selatan-Selatan, yakni krisis iklim. “Kita berhadapan dengan climate crisis. Biaya untuk menghadapi climate crisis itu tinggi sekali,” katanya.

BACA JUGA:Debat Capres, Anies Baswedan Menilai Teknologi Cyber & Kecerdasan Buatan Sangat Perlu Untuk Pertahanan Negara

“Dan kita bicara dengan Selatan-Selatan, yuk kita bicara dengan Utara-Utara bagaimana kita membiayai climate crisis sebagai satu kesatuan. Indonesia lah yang jadi pemimpin Selatan-Selatan,” imbuh Anies. (ygi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: