KPU Kabupaten Bekasi Temukan Logistik Pemilu 2024 yang Rusak atau Rijek

KPU Kabupaten Bekasi Temukan Logistik Pemilu 2024 yang Rusak atau Rijek

ilustrasi gambar, Pemilu 2024--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, menemukan sejumlah logistik pemilu berupa kotak dan bilik suara dalam kondisi rijek. Kendati keadaan utuh baik rusak atau rijek nya barang logistik tersebut tidak bisa dipastikan kondisi keutuhannya.

"Pada perinsipnya adanya barang yang jumlah nya puluhan ribu kita tidak bisa memastikan per item ini dijaga kualitas mutunya sehingga pas proses perakitan baru ditemukan barang-barang yang rusak." tutur Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Rido ketika dikonfirmasi Cikarang Ekspress pada Senin (08/01).

Menurutnya dari adanya barang-barang logistik pemilu yang rusak atau rijek yang ditemukan pihaknya tersebut dirasa bukan dari kelalaian KPU Kabupaten Bekasi. 

Ali mengklaim kondisi barang logistik pemilu yang jumlahnya puluhan ribu ketika dilakukan pengemasan yang dilakukan oleh penyedia dalam proses yang banyak tidak bisa memastikan kondisi utuhnya atau tidak.

BACA JUGA:Anime Kekkon Yubiwa Monogatari Episode 1, Untuk Link Streaming Sudah Legal, Tak Perlu RIbet, Tinggal Klik Aja

"Dari proses sortir yang dilakukan, ada beberapa yang rusak sehingga perlu kami tukar, itu bukan kelalaian dari kita untuk barang tersebut rusak atau cacat, dari proses produksi, kita gak tau cacat atau rijek nya barang tersebut," ungkap Ali.

Ia mengatakan dari total 42.321 kiriman kotak suara, 16 unit di antaranya mengalami kerusakan, sementara bilik suara yang rusak sebanyak 10 unit dari 33.668 bilik suara.

"Yang rusak dan rijek jumlahnya gak banyak, hanya belasan sehingga ini mudah sekali untuk kita lakukan tembusan bersurat ke KPU Provinsi Jawabarat untuk dilakukan pergantian." kata Ali.

"Pertama kalo kotak suara karena dia modelnya sodetan dan irisan sehingga banyak pelipatan yang melebihi batas lipatan dan gak layak kita rakit. Kedua bilik suara juga sama kan modelnya lipatan-lipatan jadi sama lipatannya melebihi untuk kita rakit." sambungnya.

BACA JUGA:Kamen Rider Gotchard Episode 17 Subtitle Indonesia, Tenang Link Nonton Sudah Legal, Tak Perlu Ribet Lagi

Kerusakan logistik ini telah ditindaklanjuti KPU Kabupaten Bekasi dengan pelaporan kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Barat sekaligus mengusulkan penggantian unit logistik yang rusak tersebut.

"Tentunya kita akan bersurat ke KPU Jawabarat karena penggantian dari barang-barang logistik yang ditemukan rusak ini." imbuhnya.

Meski begitu, Ali memastikan seluruh logistik pemilu yang telah diterima tersimpan dengan baik di gudang logistik KPU Kabupaten Bekasi sebelum nanti didistribusikan ke 8.417 tempat pemungutan suara (TPS) yang telah disiapkan.

BACA JUGA:Link Legal Yubisaki To Renren Episode 1 Sub Indo: Kisah Cinta Gadis Tunarungu & Itsuomi Si Senior Pengelana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: