Lokasi TOD City Jababeka di Stasiun MRT Balaraja-Cikarang, Segera Hadir Pusat Belanja Bintang Lima

Lokasi TOD City Jababeka di Stasiun MRT Balaraja-Cikarang, Segera Hadir Pusat Belanja Bintang Lima

Hasil terbaru saat ini PT Jababeka Tbk berhasil diluncurkannya layanan angkutan antar jemput atau shuttle bus LRT City Bekasi menuju Kota Jababeka oleh Direktur Angkutan BPTJ Kementerian Perhubungan RI Tatan Rustandi pada hari Kamis (14/12), di Hollywood --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Kelanjutan kawasan berorientasi trans atau Trabsit Oriented Development (TOD) Jababeka di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat makin nyata.

Itu ditandai dengan keluarnya hasil pemantauan Badan Pengelola Transportasi  Jabodetabek Kementerian Perhubungan (BPTJ Kemenhub)  yang menunjukkan  TOD di Kota Jababeka Cikarag sudah sesuai dengan rekomendasi teknis yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ).

Otomatis posisi Jababeka sebagai kota berbasis TOD kini sejajar dengan TOD Dukuh Atas (Jakarta) dan kota TOD lainnya.

Kabar baik ini diungkapkan langsung Managing Director Developer Kota Jababeka, Marcus Lee dalam keterangan resminya, Jumat 9 Februari 2024.

Kata dia, pihaknya selama ini selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan pihak Kemenhub terkait rencana pembangunan pusat TOD di Cikarang tepatnya di Kota Jababeka.

"Tentunya kami sangat senang dan bangga atas kabar yang kami peroleh dari pihak BPTJ Kemenhub,” ujarnya.

 

 

Merujuk kedudukannya di RITJ, simpul TOD Cikarang-Jababeka akan berada tepat di stasiun MRT yang menghubungkan koridor Barat-Timur Jakarta mulai dari Balaraja di sisi Barat hingga Cikarang Jababeka.

Adapun pada 31 Maret 2022, PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Jababeka Tbk. telah menandatangani nota kesepahaman untuk kerja sama pembangunan fase 3 MRT trase timur—barat (Cikarang—Balaraja) dan pengembangan kawasan berorientasi transit di wilayah Jawa Barat—Bekasi (Jababeka)

Berdasarkan masterplan Kota Jababeka, titik stasiun MRT akan berada tepat di kawasan Correctio Jababeka.

“Correctio merupakan suatu kawasan komersial terbaru yang akan menjadi kawasan inkubator teknologi digital, pusat startup, dan tentu saja teknologi industri 4.0 sebagai showcase revolusi industri yang sedang berlangsung saat ini,” beber Marcus.

 

Pengembangan TOD Cikarang-Jababeka yang berpusat di tengah Kota Jababeka diproyeksi tidak hanya akan memberikan dampak positif bagi wilayah Cikarang, namun juga mampu menghadirkan multiplier effect bagi berbagai kalangan. 

 

Sebagai langkah lanjutan, Jababeka telah menyiapkan rencana pengembangan kawasan baru yang berfungsi sebagai pusat aktivitas bisnis (CBD), komersial, maupun residensial yang berbasis transportasi untuk menghubungkan kawasan Jababeka Cikarang dengan Jakarta, Bandung dan Tangerang.

Lokasinya nanti berada tepat di jantung Kota Jababeka, yang mana pada saat ini sudah berdiri pusat pendidikan bertaraf internasional yakni President University.

 

Tepat di samping lokasi rencana pengembangan kawasan baru tersebut, telah terdapat pusat kesehatan dan dalam waktu dekat bakal segera hadir pusat perbelanjaan bintang lima yakni Plaza Indonesia Jababeka dan AEON Supermarket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: