Mengenal Kembang Turi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Kembang Turi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

ilustrasi gambar, Kembang turi--

Selain sariawan, kembang turi juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang menunjukkan bahwa tanaman ini mengandung antibakteri, seperti tanin, flavonoid, dan saponin. Kandungan-kandungan tersebut mampu mengeluarkan sel bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengambil minyak atau ekstrak kembang turi untuk dioleskan ke area jerawat.

3. Mencegah diare

Kembang turi juga dapat digunakan untuk mengatasi diare, karena mengandung senyawa alami tanin. Senyawa yang bersifat antioksidan ini mampu mencegah penyerapan zat beracun penyebab diare.

BACA JUGA:Nonton Captain Tsubasa Season 2: Junior Youth-Hen Episode 19 Subtitle Indonesia

Selain itu, sifat antibakteri yang terkandung di dalam kembang turi juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare.

4. Meredakan demam

Kandungan fitosterol pada kembang turi juga diketahui bisa meredakan demam. Fitosterol memiliki sifat antiradang dan antipiretik yang berguna untuk meredakan atau mengurangi demam.

Selain itu, kandungan fitosterol di dalam kembang turi juga menunjukkan aktivitas analgesik yang signifikan sehingga efektif untuk meredakan demam.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Kembang turi juga diketahui dapat membantu dalam proses penyembuhan luka. Manfaat ini dapat diambil dari ekstrak metanol kembang turi. 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak tersebut mampu menyembuhkan luka secara signifikan.

Meski begitu, penelitian terkait manfaat kembang turi untuk penyembuhan luka masih terbatas sehingga memerlukan penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA:Nonton Shangri-La Frontier Episode 19 Subtitle Indonesia

6. Mencegah diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alodokter