Toko Baju di Nagasari Ludes Dilalap Api, BPBD Karawang: Diduga Karena Instalasi Listrik yang Usang

Toko Baju di Nagasari Ludes Dilalap Api, BPBD Karawang: Diduga Karena Instalasi Listrik yang Usang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang mengungkap penyebab kebakaran toko oleh-oleh haji dan busana muslim GM Colletion di Jalan Mangga I, Kampung Guro I, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang mengungkap penyebab kebakaran toko oleh-oleh haji dan busana muslim GM Colletion di Jalan Mangga I, Kampung Guro I, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Mahpudin mengatakan, kebakaran diduga karena instalasi listrik yang usang. Namun untuk kepastian penyebab kebakaran nanti menunggu penyelidikan kepolisian.

"Penyebab kebakaran mungkin nanti penyelidikan lebih lanjut tim yang berwenang. Tetapi memang bangunan ini relatif kita sudah wawancara dengan pemiliknya memang sudah tua tahun 80-90-an bangunannya dan mungkin instalasi listrik pun demikian," ujarnya.

"Kita tidak bisa menyatakan itu dari korsleting listrik atau apa tapi memang yang jelas beberapa warga melihat terjadi titik api itu di lantai dua," tambahnya.

BACA JUGA:Jadwal Buka Puasa Hari Ini di Karawang, 14 Maret 2024

Menurut Mahpudin, kebakaran itu menghanguskan seluruh barang-barang jualan hampir 100 persen ludes terbakar. Meskipun, ada beberapa barang yang masih selamat atau tidak terbakar.

"Hampir ludes semua, tapi ada beberapa engga kebakar. Kebanyakan peci masih aman tadi kita bantu pisahkan," katanya.

Lanjut Mahpudin, kronologi kejadian kebakaran itu, pihaknya mendapatkan laporan sekira pukul 22.45 WIB. Lalu, pada pukul 23.00 WIB petugas pemadam kebakaran telah tiba di lokasi kejadian dengan mengerahkan enam mobil damkar dari Mako Pusat.

"Karena kondisi materialnya mudah terbakar, kami tambah kekuatan armada 2 damkar dari Telagasari dan Rengasdengklok," ungkapnya.

BACA JUGA:LB LIA Karawang Punya Metode Belajar Kekinian yang Siap Cetak Siswa-siswi Berprestasi & Jago Berbahasa Inggris

Pihaknya juga mendapatkan bantuan dua unit mobil damkar dari PT Pindo Deli 3 dan KIIC. Total mobil damkar dikerahkan sebanyak 10 unit.

"Saya meyaksikan sendiri langsung berada di lokasi. Sekitar pukul 01.00 dini hari sebenernya sudah bisa dikuasai api. Tapi relatif sampai pukul 03.30 pagi itu baru bisa padam," jelasnya.

Dia menyebut, kekuatan penuh dikerahkan dalam upaya pemadaman toko tersebut.

Hal itu karena lokasinya berada dikawasan padat dan area perkantoran. Sehingga upaya itu dilakukan maksimal agar kebakaran tidak meluas ke bangunan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: