Bolehkah Ibu Menyesui Berpuasa, Bagaimana dengan Hukum Islam? Ini Penjelasannya

Bolehkah Ibu Menyesui Berpuasa, Bagaimana dengan Hukum Islam? Ini Penjelasannya

ilustrasi gambar, Ibu Menyusui--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Seluruh umat muslim pastinya berkeinginan untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik. 

Puasa tidak hanya terbatas pada bulan Ramadan, melainkan melibatkan berbagai jenis puasa wajib dan sunah yang umumnya dilaksanakan.

Ini termasuk puasa sunah pada bulan Syawal, Dzulhijjah, Muharram, atau bahkan puasa Ramadhan.

Ada juga momen tertentu ketika seseorang berpuasa untuk membayar puasa yang tertunda karena datangnya menstruasi, atau bahkan berpuasa ketika merayakan Idul Adha.

BACA JUGA:Nonton Tsuki ga Michibiku Isekai Douchuu 2nd Season Episode 11 Subtitle Indonesia

Semakin tekun seseorang berpuasa, semakin besar pula pahala yang akan diperoleh. Namun, bagaimana sebenarnya hukum berpuasa bagi ibu yang masih menyusui?

Pertanyaan ini mungkin menjadi kekhawatiran bagi ibu menyusui, terutama karena memberikan ASI sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Oleh karena itu, para ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati mereka.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penjelasan hukum berpuasa bagi ibu menyusui, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Puasa bagi Ibu yang Sedang Menyusui Secara Eksklusif

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa perempuan yang melakukan puasa sambil menyusui cenderung mengalami penurunan produksi ASI.

BACA JUGA:Nonton Dosanko Gal Wa Namara Menkoi Episode 11 Subtitle Indonesia

Namun, penelitian lain yang diterbitkan oleh IOS Press menunjukkan bahwa penurunan produksi ASI tersebut kemungkinan disebabkan oleh ketidakpenuhan kebutuhan nutrisi makro dan mikro pada ibu menyusui selama berpuasa.

Meskipun berpuasa bagi ibu menyusui diperbolehkan, namun perlu mempertimbangkan kondisi-kondisi tertentu. Bagi ibu yang sedang memberikan ASI eksklusif, sebaiknya tidak berpuasa terlebih dahulu.

Periode Asi Eksklusif Selama 6 Bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber