Matam, Angganita, Haryanto dan Mia Eldabo Lolos DPRD Bekasi 2024, 3 Petahana Tumbang

Matam, Angganita, Haryanto dan Mia Eldabo Lolos DPRD Bekasi 2024, 3 Petahana Tumbang

Kolasi Empat Caleg Demokrat Terpilih Jadi Anggota DPRD Bekasi 2024 (Atas), Tiga Petahana Tumbang (Bawah).--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Perkiraan ada 4 caleg Partai Demokrat terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Bekasi pada Pileg 2024.

Hasil tersebut diketahui berdasarkan pleno PPK yang telah dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi pada Minggu, 17 Maret 2024.

Infirnasi yang dihimpun Cikarang Ekspres, ada 55 kursi DPRD Kabupaten Bekasi periode 2024-2029 dengan 7 daerah pemilihan (dapil).

Di mana, Partai Demokrat diprediksi mengamankan 4 kursi dengan dua petahana dan dua pendatang baru yang melanggang ke parlemen :

1. Matam
Dapil 3 Tambun Selatan, caleg pendatang baru Matam mendulang 5.892 suara. Bicara pengalaman tak perlu diragukan, karana dirinya telah mengabdi sebagai aparatur desa selama 17 tahun atau tiga kali menjabat Kepala Desa Sumberjaya.

2. Angganita
Untuk dapil 5 meliputi Tarumajaya, Babelan dan Muaragembong, caleg petahana Anggadita sukses menyumbang kursi kedua Partai Demokrat dengan perolehan 7.859 suara.

Bendahara DPC Partai Demokrat Kabupaten Bekasi ini mampu bersaing dengan tiga petahana di pesisir Laut Jawa seperti Ani Rukmini dari PKS, Suryo Pranoto (PAN), dan Bhakti Sakti (Gerindra). Termasuk pendatang baru dari jagoan parpol yakni Teten Kamaludin (Partai Gerindra), Ade Sukron (Partai Golkar), Marjaya Sargan (Partai NasDem), Galih Felando (Partai Gelora) dan Muhtadi Muntaha (PBB).

Ketua Srikandi Partai Demokrat itu rupanya tak gentar hingga mengamankan satu kursi DPRD Kabupaten Bekasi 2024.

3. Haryanto

Dapil 6 meliputi Pabayuran, Kedung Waringin, Karang Bahagia, Sukakarya dan Cabangbungin, pengusaha muda asal Pabayuran itu berhasil menggondol 9.065 suara.

Sebelum terjun dunia politik, Haryanto banyak belajar dari sang ayah yang juga mantan Kades Karanghaya, Kecamatan Pebayuran selama dua periode.

Di mana sang ayah pernah mendaftar sebagai wakil rakyat dari PDI Perjuangan. Naas, 21 hari menjelang Pileg 2014 ternyata sang ayah meninggal dunia sehinggga dirinya menggantikan posisinya sebagai caleg meski gagal melanggang ke parlemen.

Pemilik lima perusahaan dengan nama korporasi Apta Grup itu memutuskan kembali mencalonkan diri sebagai caleg lewat Partai Berkarya. Namun dirinya kembali menelan lol pahit, setelah hanya bisa mengamankan 3.150 suara.

Kini pada Pileg 2024, Haryanto berhasil menunaikan misi sang ayah menjadi wakil rakyat Kabupaten Bekasi.



4. Mia El Dabo
Terakhir dapil 7 Cikarang Utara, Cikarang Timur dan Cikarang Selatan, caleg petahana Mia el Dabo sukses mendulang 16.386 suara.

Pada pileg 2019 silam, caleg termuda ini meraih 19.265 suara di dapil 1 DPRD Kabupaten Bekasi.

Wanita berusia 30 tahun tepatnya 4 Mei 1994 itu tetap meraih suara terbanyak meski pindah dapil.

Sebagai putri dari tokoh masyarakat Kabupaten Bekasi Haji Enjum, Mia Eldabo bakal duduk kembali bersama petahana lainya seperti Aria Dwi Nugraha (Gerindra), Nyumarno (PDIP), Sunandar (Golkar) dan Saiful Islam (PKS).


Sementara itu, tiga caleg petahana Partai Demokrat justru tumbang pada Pileg 2024. Mereka adalah Edi Junaedi yang bertarung di dapil 1 meliputi Kecamatan Setu, Serang Baru, Cibarusah, Bojongmangu, dan Cikarang Pusat;

Kemudian, Sekretaris DPC Demokrat Kabpaten Bekasi, Jampang Hendra Atmaja dapil 2 meliputi Cikarang Barat dan Cibitung; serta Sukarlinan di dapil 6 meliputi Pabayuran, Kedung Waringin, Karang Bahagia, Sukakarya dan Cabangbungin.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Rido mengatakan pelaksanaan pleno tingkat Kabupaten sudah selesai dan diakhiri oleh PPK Tambun Selatan.

"Alhamdulillah berjalan dengan baik sehingga kalkulasi dari semua jumlah lima jenis pemilihan telah selesai," kata kepada Cikarang Ekspres.

Ia mengungkapkan pada malam hari sebelumnya pihaknya sudah melakukan rekapitulasi perhitungan suara tingkat provinsi di Jawabarat dan pelaksanaan berjalan dengan baik.

"Semalam kita sudah melakukan Pleno pembacaan tingkat provinsi di Jawa Barat dan Alhamdulillah berjalan dengan baik," kata Ali Rido. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: