7 Caleg PKS Terpilih DPRD Bekasi 2024, Lima Petahana Gugur : Ketua Masuk, Sekretaris Keluar

7 Caleg PKS Terpilih DPRD Bekasi 2024, Lima Petahana Gugur : Ketua Masuk, Sekretaris Keluar

Kolase para caleg petahana PKS yang tumbang pada Pileg 2024. --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diprediksi mendapatkan 8 kursi DPRD Kabupaten Bekasi di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Jumlah ini menurun bila dibandingkan perolehan kursi Pileg 2019 yang mendapatkan 10 kursi. Mereka adalah Budiyanto, Fatmah Hanum (Dapil 1); Ayub Rohadi, Rusdi Haryadi (Dapil 2); Muhammad Nuh, M. Nurhadi (Dapil 3); Mustakim Marzuki, Ani Rukmini (Dalil 4), Uryan Riyana (Dapil 5) dan Imam Hambali (Dapil 6).

Lantas siapa saja caleg PKS yang terpilih?

Berikut nama-nama caleg yang diprediksi bakal menjadi anggota DPRD Kabupaten Bekasi periode 2024-2029 dari hasil pleno rekapitulasi PPK di KPU setempat :

Yusuf Fathullah Fajri (Dapil 1) : 8.545
Budi M. Mustafa (Dapil 2) : 8.873 suara
Nuryasin (Dapil 3) : 10.879 suara
Puji Lestari (Dapil 4) : 8.396 suara
Ani Rukmini (Dapil 5) : 9.901 suara
Ade Jenah F (Dapil 6) : 5.826 suara
Saiful Islam (Dapil 7): 6.661 suara

Diketahui bersama, ada 55 kursi yang diperebutkan para caleg di 7 dapil. Tak hanya Gerindra yang turun dua kursi, wakil rakyat dari PKS juga mengalami penurunan yang cukup signifikan yakni tiga kursi.

Tak hanya itu, para petahana yang juga petinggi PKS banyak bertumbangan. Di mulai dari Fatmah Hanum yang selisih tipis dengan caleg PKS terpilih dapil 1 lainya Yusuf Fathullah, di mana petahana mengantongi 8.545 suara.

Begitu pula nasib petahana Rusdi Haryadi yang gagal karena hanya mendulang 5.025 suara, sedangkan pendatang baru yang juga Ketua DPD PKS Kabupaten Bekasi Budi Muhammad Mustafa meraih 8.873 suara.

Raihan petahana urutan ketiga dibawah caleg PKS lainya Rika Febrika dengan 5.386 suara.

Untuk dapil 3, caleg petahana M. Nurhadi juga tumbang dengan pendatang baru yakni Nuryasin Suparmin yang juga Sekretaris Dewan Etik Daerah (DED) PKS Kabupaten Bekasi.

Sekretaris Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) PKS Kabupaten Bekasi itu memperoleh 3.647 suara dibawah caleg lainya Erwin Kurniawan dengan 5.858 suara dan Darkum meraih 4.828 suara.

Untuk dapil 4, caleg petahana Mustaqim Marzuki dikalahkan pendatang baru Puji Lestari. Ia tertinggal jauh dengan memperoleh 4.623 suara dan caleg PKS terpilih mendulang 8.396 suara.

Selanjutnya, caleg petahana Uryan Riana yang kembali maju di Dapil 6 harus tumbang dengan caleg pendatang baru, Ade Jenah Fajarwati yang memperoleh 5.826 suara.

Menariknya, Sekretaris DPD PKS Kabupaten Bekasi itu hanya menduduki posisi ketiga dengan 4.855 suara dibawah caleg PKS lainya Sa'dan yakni 5.176 suara.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Rido mengatakan pelaksanaan pleno tingkat Kabupaten sudah selesai dan diakhiri oleh PPK Tambun Selatan.

"Alhamdulillah berjalan dengan baik sehingga kalkulasi dari semua jumlah lima jenis pemilihan telah selesai," kata kepada Cikarang Ekspres.

Ia mengungkapkan pada malam hari sebelumnya pihaknya sudah melakukan rekapitulasi perhitungan suara tingkat provinsi di Jawabarat dan pelaksanaan berjalan dengan baik.

"Semalam kita sudah melakukan Pleno pembacaan tingkat provinsi di Jawa Barat dan Alhamdulillah berjalan dengan baik," kata Ali Rido. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: