Jangan Disepelekan, Duri Ikan Yang Menyangkut di Tenggorokan Bisa Mengganggu Saluran Pencernaan

Jangan Disepelekan, Duri Ikan Yang Menyangkut di Tenggorokan Bisa Mengganggu Saluran Pencernaan

Duri Ikan Yang Menyangkut di Tenggorokan -Duri Ikan Yang Menyangkut di Tenggorokan -RRI.com

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Siapa sih yang gak suka makan ikan? Ikan dapat menjadi salah satu sumber nutrisi penting untuk pertumbuhan, terutama omega-3 yang esensial bagi kesehatan otak. Namun, kesenangan menyantap ikan bisa terganggu jika ada duri yang ikut termakan dan menyangkut di tenggorokan atau kerongkongan.

Duri ikan yang nyangkut menyebabkan ketidaknyamanan di tenggorokan. Apa kamu juga pernah mengalami masalah ini? Meski lunak duri ikan bisa tersangkut di tenggorokan karena ukurannya yang terlalu kecil, sehingga beberapa orang akan kesulitan memisahkan duri ikan dengan Daging ikan saat sedang makan. Alhasil duri akan menancap di tenggorokan karena tidak sengaja tertelan.

Tahukah kamu? Meskipun ukurannya kecil, duri ikan bisa menjadi bahaya jika tidak segera diatasi. Ketahui risiko tulang ikan menyangkut di tenggorokan dan cara mengatasinya di bawah ini, yuk!

1. Tulang Ikan Dapat Menyebabkan Luka pada Saluran Pencernaan

Tulang ikan yang tertelan saat makan ikan seringkali dapat menyangkut di tenggorokan. Beberapa orang akan segera mencoba mengeluarkannya dengan berbagai cara, sementara yang lain memilih untuk menunggu agar keluar dengan sendirinya.

Namun, tulang ikan yang menyangkut di tenggorokan sebaiknya segera diatasi atau dikeluarkan untuk mencegah masalah lebih lanjut. Selain menyebabkan ketidaknyamanan saat menelan, tulang ikan yang tertelan juga dapat menyebabkan luka pada saluran pencernaan.

Meskipun tidak selalu terjadi, kurang dari satu persen kasus tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan dapat menyebabkan masalah pada saluran pencernaan.

Ukuran Tulang Ikan yang Berbeda Bisa Sebabkan Akibat yang Berbeda

Risiko yang timbul akibat tulang ikan yang tertelan juga dapat bervariasi tergantung pada ukuran tulang ikan tersebut. Duri ikan yang besar mungkin membuat tenggorokan terasa tidak nyaman, tetapi tulang ikan yang kecil sebenarnya lebih berbahaya.

Jika duri ikan yang tertelan memiliki ukuran besar, maka akan sulit bagi mereka untuk menembus jaringan saluran pencernaan. Namun, tulang ikan yang kecil lebih mungkin bergerak dan menembus jaringan pada saluran pencernaan atau tenggorokan.

Meskipun sebagian besar tulang ikan yang berhasil masuk ke saluran pencernaan akan keluar saat buang air besar.. Dampaknya, tulang ikan yang menembus jaringan tersebut dapat menyebabkan luka pada saluran pencernaan.

Cara Mudah Keluarkan Tulang Ikan yang Menyangkut

Tulang ikan yang terperangkap di tenggorokan sebaiknya segera ditangani. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, baik dengan mengeluarkannya dari tenggorokan atau menelannya agar turun ke saluran pencernaan. Berikut tiga metode yang bisa digunakan:

1. Batuk

Batuk adalah respons alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari saluran pernapasan. Dalam hal ini, batuk juga dapat membantu mengeluarkan tulang ikan yang terperangkap di tenggorokan. Coba batuk dengan keras untuk memfasilitasi keluarnya tulang ikan.

2. Menelan Sekepal Nasi

Metode kedua untuk mengatasi tulang ikan yang terperangkap di tenggorokan adalah dengan menelan sekepal nasi. Nasi ini harus ditelan utuh tanpa dikunyah untuk membantu tulang ikan melewati tenggorokan. Ambil segenggam nasi, kepal-kepal hingga membentuk bola, lalu telan. Pastikan ukuran bola nasi tidak terlalu besar agar mudah ditelan.

3. Menelan Potongan Pisang

Menelan potongan pisang juga dapat membantu mengatasi tulang ikan yang terperangkap di tenggorokan. Potong pisang menjadi potongan kecil, kemudian emut potongan tersebut di dalam mulut hingga menjadi lembap. Pastikan potongan pisang tidak dikunyah sebelum ditelan. Lengketan potongan pisang yang lembap dapat membantu melepaskan tulang ikan dari tenggorokan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: duri ikan nyangkut di tenggorokan