Bisa Sebabkan Obesitas, Seberapa Sering Anak Boleh Konsumsi Mie Instan? Yuk Cari Tahu Moms!

Bisa Sebabkan Obesitas, Seberapa Sering Anak Boleh Konsumsi Mie Instan? Yuk Cari Tahu Moms!

Seberapa sering anak boleh konsumsi mie instan?-(Pixabay/andibreit)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Mie instan adalah makanan siap saji yang sangat populer dan mudah disiapkan. Terbuat dari tepung dan telur, mie ini memiliki rasa khas yang menjadikannya favorit banyak orang, termasuk anak-anak.

 

Namun, meskipun praktis, mie instan sering kali mengandung bumbu dengan zat aditif seperti Monosodium Glutamate (MSG).

 

Konsumsi MSG yang berlebihan dapat berdampak buruk, terutama pada anak-anak, dengan risiko gangguan kesehatan seperti kerusakan otak, obesitas, dan kanker.

 

Selain itu, konsumsi mie instan secara rutin berpotensi menimbulkan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif bagi kesehatan anak akibat terlalu sering makan mie instan.

BACA JUGA:Resep Mie Rebus Pake Telur Paling Enak, Cocok Dinikmati saat Hujan

 

Obesitas atau Kelebihan Berat Badan

 

Mie instan memiliki kandungan nutrisi yang rendah karena bahan utamanya berupa tepung terigu. Bahan ini tidak menyediakan vitamin dan mineral penting yang diperlukan anak untuk pertumbuhan dan menjaga daya tahan tubuh. Mie juga tinggi kalori, karbohidrat, dan lemak trans yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan jika dikonsumsi berlebihan, berisiko memicu obesitas.

 

Gangguan Pencernaan

 

Sering mengonsumsi mie instan dapat menghambat penyerapan nutrisi akibat kurangnya vitamin dan mineral dalam makanan tersebut, yang penting bagi pertumbuhan. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sembelit, kembung, diare, hingga masalah usus. Jika tidak ditangani, anak bisa mengalami kekurangan gizi, anemia, dehidrasi, dan masalah pencernaan lainnya.

 

Kerusakan Organ Tubuh

 

Propylene glycol yang digunakan untuk menjaga kelembapan mie dapat menumpuk di organ tubuh seperti hati, jantung, dan ginjal, yang berpotensi menyebabkan kerusakan jangka panjang.

 

Penurunan Kesehatan Organ Vital

 

Tingginya kandungan sodium dalam mie instan dapat mengganggu fungsi organ, terutama ginjal, yang bertugas mengeluarkan kelebihan sodium dari tubuh. Jika ginjal gagal melakukannya, garam akan menumpuk, menyebabkan peningkatan tekanan darah dan masalah metabolisme yang dapat memicu kondisi serius seperti penumpukan cairan, kejang, bahkan kematian.

BACA JUGA:Resep MPASI Bubur Susu Mangga, Enak Bikin Si Kecil Lahap!

 

Kekurangan Nutrisi Penting

 

Meski mengenyangkan, mie instan umumnya terdiri dari karbohidrat olahan dan lemak tidak sehat, dengan kandungan vitamin, mineral, protein, dan serat yang minim.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi mie instan secara teratur dapat menurunkan asupan nutrisi penting seperti protein, kalsium, vitamin C, fosfor, zat besi, niasin, dan vitamin A, sehingga menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.

Setelah mengetahui dampak negatif terlalu sering konsumsi mie instan, yuk cari tahu seberapa sering anak boleh konsumsi mie instan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: