5 Buah Ini Mampu Meredakan Batuk, Cocok Jadi Parsel Jenguk Orang Sakit

5 Buah Ini Mampu Meredakan Batuk, Cocok Jadi Parsel Jenguk Orang Sakit

Buah Ini Mampu Meredakan Batuk,-Buah Ini Mampu Meredakan Batuk,-Rey.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Batuk merupakan respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari zat asing, lendir, atau partikel yang mengganggu pernapasan. Meskipun umum terjadi, batuk dapat menjadi mengganggu dan menguras energi jika tidak segera diatasi. Selain pengobatan medis, terdapat berbagai macam obat batuk alami yang dapat mendukung proses penyembuhan.

Untuk mencegah batuk menjadi lebih parah, disarankan untuk menghindari konsumsi makanan dan minuman tertentu, seperti produk susu, biskuit kering, minuman berkafein seperti kopi, minuman berkarbonasi, dan alkohol. Selain itu, untuk meredakan batuk, beberapa jenis buah juga dapat dikonsumsi. Apa saja jenis buah tersebut?

1. Buah Kiwi

Buah kiwi, atau dikenal juga sebagai gosberi China, berasal dari daerah Shaanxi, China. Ini merupakan salah satu sumber terbaik untuk vitamin dan mineral.

Konsumsi buah kiwi dapat membantu menjaga kesehatan saluran pernapasan dan meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan flu serta meredakan gejala batuk.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah kiwi dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

2. Jambu Biji

Jambu biji memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin C dan zat besi yang dapat mencegah serta meredakan batuk serta melawan infeksi. Buah ini mudah ditemukan.

Mengonsumsi jus jambu biji dapat membantu mengatasi batuk dan pilek. Selain diolah menjadi jus, merebus daun jambu biji juga diyakini dapat mengurangi lendir di tenggorokan serta membunuh virus atau bakteri penyebab batuk yang ada di saluran pernapasan.

3. Nanas

Nanas mengandung bromelain yang diyakini memiliki efek meredakan batuk dan membantu melarutkan lendir di tenggorokan. Buah nanas kaya akan serat, vitamin C, vitamin B, mangan, dan bromelain, sebuah enzim yang berperan sebagai antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus.

Untuk meningkatkan manfaatnya dalam meredakan batuk, Anda dapat membuat jus nanas dengan tambahan madu, garam, dan jahe.

4. Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat sebagai obat batuk alami. Buah ini memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan di tenggorokan serta memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Vitamin C sendiri berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat membantu tubuh lebih efektif melawan infeksi di saluran pernapasan yang menyebabkan batuk. Untuk memanfaatkannya sebagai obat batuk alami, lemon dapat dicampurkan dengan satu sendok teh perasan madu. Konsumsilah campuran ini beberapa kali sehari secara teratur hingga gejala batuk mereda.

5. Apel

Apel dapat mengurangi gejala peradangan dan iritasi pada saluran pernapasan yang menjadi penyebab batuk. Kandungan flavonoid dalam apel membantu meredakan batuk, dan mengonsumsinya secara rutin dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.Paling tidak, konsumsi apel tiga kali sehari hingga gejala batuk mereda sepenuhnya.

Semoga informasi ini membantmu segera sembuh dari batuk ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: meredakan batuk