5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Darah Menstruasi Berwarna Hitam, Salah Satunya Akibat Gangguan Organ Reproduksi

 5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Darah Menstruasi Berwarna Hitam, Salah Satunya Akibat Gangguan Organ Reproduksi

-bimbingan Kesehatan Organ reproduksi -

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Wanita tentu tidak asing dengan hal yang satu ini. Menstruasi menjadi hal rutin yang dialami para Wanita setiap bulan. Proses mestruasi yang dialami setiap wanita berbeda beda, baik dari bentuk darahnya, waktu datang bulan, hingga nyeri akibat Menstruasi

Menstruasi jadi hal wajar yang tida perlu dihawatirkan, tapi penting untuk diwaspadai terutama saat periode yang tidak teratur hingga gejala yang disertainya. Perubahan warna darah saat menstruasi adalah hal yang wajar bagi seorang Wanita. Ada kalanya darah berwarna merah muda, merah segar, keunguan hingga warna hitam. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Perubahan warna darah haid mampu mengindikasikan kondisi Kesehatan tubuh yang buruk. Biasanya, darah haid memiliki warna merah tua atau merah cerah yang normal. Namun, jika yang keluar adalah darah berwarna hitam dan terlihat sangat pekat bahkan mengental, tentu hal ini perlu dikawatirkan. 

Banyak factor yang mengindikasikan penyebab darah haid berwarna hitam, diantaranya adalah sebagai berikut : 

 

Penyebab Darah Menstruasi Hitam

Ada sejumlah factor yang mengindikasikan kenapa darah mestruasi yang kamu keluarkan berwarna hitam. Salah satunya disebabkan oleh gangguan organ reproduksi seperti dibawah ini. 

1. Tanda Keguguran

Beberapa wanita mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang hamil. Bercak merah tua, yang kadang-kadang disalahartikan sebagai darah menstruasi hitam, bisa menjadi tanda awal keguguran dini.

Keguguran biasanya terjadi dalam 20 minggu pertama kehamilan. Selain darah menstruasi yang berwarna hitam, gejala seperti nyeri perut yang hebat juga bisa terjadi. Bahkan, beberapa ibu hamil mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami keguguran. Untuk memastikan kondisi, tindakan USG dapat membantu mengetahui detail kondisi janin.

2. Lochia

Pendarahan yang terjadi 4 hingga 6 minggu setelah persalinan disebut sebagai lochia. Terkadang, orang bisa salah mengira bahwa ini adalah darah haid yang berwarna hitam.

Lochia ditandai dengan aliran darah yang cukup deras dan kadang-kadang disertai dengan gumpalan kecil. Biasanya, pendarahan ini akan mereda dalam beberapa hari setelahnya. Seiring berjalannya waktu, warna darah akan berubah menjadi krem atau kuning sebelum akhirnya berhenti sepenuhnya. Namun, tidak semua wanita mengalami lochia setelah melahirkan.

3. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: menstruasi