Belum Banyak Yang Tahu, 6 Manfaat Menstrasi bagi Kesehatan Tubuh Wanita, Bisa Mengatasi Perut Kembung

Belum Banyak Yang Tahu, 6 Manfaat Menstrasi bagi Kesehatan Tubuh Wanita, Bisa Mengatasi Perut Kembung

Manfaat Mestruasi-Manfaat Mestruasi-

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Nyeri perut Selama Menstruasi Mungkin akan mengganggumu dalam beraktifitas, Tapi tahukah kamu jika menstruasi punya banyak sekali manfaat terutama bagi Kesehatan kulit kewanitaan.

Bukah hanya nyeri perut, saat menstruasi biasanya Wanita akan mengalami kondisi tidak stabil, mulai dari suasana hati, kondisi Fisik, kesulitan bergerak, perasaan hati hingga mood yang kerap berubah ubah akibat perubahan hormon selama menstruasi

Meski mentruasi adalah masa tersulit bagi para Wanita di setiap bulannya, Tapi menstruasi juga punya banyak manfaat, Meski selama mestruasi hormon kewaitaan kerap berubah namun car aini justru membangun kesimbangan hormon tersebut, mesntruasi juga dipercaya mampu mengatasi ram perut, perut kembung dan sejumlah penyakit dalam lainnya. Penasaran? Simak informasinya dibawah ini

Manfaat Menstruasi untuk Wanita

Ada sederet manfaat menstruasi untuk kesehatan wanita yang jarang terungkap.Berikut beberapa khasiat yang bisa dialami.

1. Menstruasi bisa mencegah timbulnya penyakit

Meskipun menstruasi dianggap sebagai bagian normal dan sehat dalam kehidupan sebagian besar wanita, kurang diketahui bahwa menstruasi juga dapat berperan dalam mencegah penyakit.

Menurut data UNICEF, sekitar 26% dari populasi wanita di seluruh dunia berada dalam usia reproduktif. Darah, bau, dan tekstur darah menstruasi bisa memberikan petunjuk awal tentang kondisi kesehatan tubuh seorang wanita.

Dengan memperhatikan perubahan-perubahan ini, wanita dapat mengenali gejala awal penyakit dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan lebih awal.

2. Menjaga Keseimbangan Hormon

Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menandakan adanya ketidakseimbangan hormon. Manfaat menstruasi yang dialami wanita setiap bulan, ini bisa mencegah gangguan hormon.

Siklus menstruasi yang teratur menunjukkan bahwa tubuh bekerja seperti yang seharusnya pada wanita. Hal ini untuk menjaga keseimbangan hormon testosteron dan estrogen yang sering kali tidak stabil pada tubuh.

Pada sebagian kasus, gangguan hormon bisa membuat kehamilan sulit dicapai.

3. Mengobati Kram Perut

Wanita sering melakukan hubungan intim saat menstruasi, dan orgasme dapat membantu mengurangi kram perut yang biasanya terjadi selama masa menstruasi. Kram menstruasi disebabkan oleh kontraksi rahim yang diperlukan untuk mengeluarkan lapisan rahim yang tidak dibutuhkan.

Selama orgasme, otot-otot rahim juga mengalami kontraksi, yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan bagi wanita yang sedang menstruasi. Selain itu, hubungan seksual merangsang pelepasan hormon endorfin, yang dapat membuat tubuh merasa lebih baik secara keseluruhan dan mengurangi rasa sakit perut yang terkait dengan menstruasi.

4 Obat Sakit Kepala Alami

Menurut penjelasan dari The Journal of Headache Pain, beberapa wanita mengalami sakit kepala dan migrain selama menstruasi, yang sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit kepala tersebut bisa menghambat kegiatan dan membuatnya menjadi tidak nyaman.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa melakukan hubungan intim dengan pasangan selama menstruasi dapat membantu mengurangi intensitas sakit kepala bagi sebagian wanita yang mengalaminya. Ini menunjukkan bahwa ada beberapa manfaat yang tidak terduga dari menstruasi yang perlu diakui.

5. Mengatasi Perut Kembung

Moms mungkin sering merasa kembung dan tidak nyaman sebelum menstruasi, tetapi sebenarnya menstruasi dapat membantu mengatasi masalah perut kembung tersebut.

Menurut Dr. Booth, penurunan hormon progesteron yang terjadi selama menstruasi dapat membantu mengurangi retensi cairan dan meningkatkan metabolisme tubuh, yang pada gilirannya membuat perut menjadi lebih nyaman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: