7 Manfaat Menstruasi Bagi Kesehatan dan Keremajaan Kulit Wanita, Dipercaya Bikin Awet Muda!

7 Manfaat Menstruasi Bagi Kesehatan dan Keremajaan Kulit Wanita, Dipercaya Bikin Awet Muda!

menstruasi-menstruasi-

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Nyeri perut Selama Menstruasi mungkin akan mengganggumu dalam beraktifitas, Tapi tahukah kamu jika menstruasi punya banyak sekali manfaat terutama bagi Kesehatan kulit kewanitaan.

Bukah hanya nyeri perut, saat menstruasi biasanya Wanita akan mengalami kondisi tidak stabil, mulai dari suasana hati, kondisi Fisik, kesulitan bergerak, perasaan hati hingga mood yang kerap berubah ubah akibat perubahan hormon selama menstruasi

Meski mentruasi adalah masa tersulit bagi para Wanita di setiap bulannya, Tapi menstruasi juga punya banyak manfaat, mulai dari mejaga Kesehatan kulit wanitam menjaga hubungan Bersama pasangan hingga menjaga suasanan hati Kembali stabil. Untuk informasi lebih lengkapnya Simak informasinya dibawah ini!

Manfaat Menstruasi untuk Wanita

Ada sederet manfaat menstruasi untuk kesehatan wanita yang jarang terungkap. Berikut beberapa khasiat yang bisa dialami.

1. Menunda Proses Penuaan

Melansir dari Dr. Thomas Perls, seorang ahli di Amerika Serikat, mencatat bahwa wanita cenderung mengalami penuaan yang lebih lambat daripada pria, yang kemungkinan disebabkan oleh penurunan kandungan zat besi dalam tubuh selama menstruasi. Penurunan ini penting karena kelebihan zat besi dapat mempercepat penuaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan Alzheimer dengan memungkinkan radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, menstruasi memiliki manfaat dalam menghambat proses penuaan dini.

2. Meningkatkan kualitas hidup jadi lebih bersemangat 

Selain itu, menstruasi juga dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan bagi wanita. Proses menstruasi yang teratur membantu melambatkan proses penuaan secara alami pada tubuh wanita.

Setiap siklus menstruasi memberikan manfaat tambahan dengan mengeluarkan kelebihan zat besi dari tubuh, yang dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit serius. Selain itu, manfaat kesehatan dari menstruasi juga dapat memberikan dampak positif pada kesejahteraan emosional dan fisik, membuat tubuh merasa lebih bahagia secara keseluruhan.

Dengan kata lain, menstruasi bisa bantu mencegah seseorang dari perasaan stres atau depresi.

3. Lebih puas Saat di Ranjang

Selama menstruasi, tingkat hormon testosteron dan libido pada wanita cenderung meningkat, sehingga bagi sebagian wanita, berhubungan seks selama menstruasi dapat meningkatkan kepuasan seksual. Namun, praktik ini masih menjadi perdebatan di masyarakat karena memiliki risiko tertentu.

Meskipun demikian, berhubungan seks selama menstruasi dapat meningkatkan risiko kehamilan karena sperma dapat bertahan di dalam tubuh wanita selama beberapa hari. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu hingga menstruasi selesai sebelum melakukan hubungan intim jika ingin menghindari risiko kehamilan.

4. Berpengaruh pada mood dan penampilan wanita

Selain itu, menstruasi juga dapat mempengaruhi kondisi mental dan fisik seseorang secara positif. Para ahli berpendapat bahwa mood dan penampilan yang lebih baik selama menstruasi disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh.

Biasanya, pada hari ketiga atau keempat masa menstruasi, wanita cenderung merasa lebih baik secara emosional dan penampilannya pun lebih baik daripada biasanya. Dengan demikian, tubuh akan lebih nyaman dan terhindar dari perasaan cemas atau fluktuasi mood yang tidak teratur.

5. Pembersih Alami

Proses menstruasi akan melepaskan bakteri-bakteri jahat di dalam sistem reproduksi. Manfaat dari datang bulan ini pun akan mengeluarkan zat besi yang berlebihan dalam tubuh.

Hal ini akan mengurangi risiko kanker kardiovaskular serta mencegah penyakit jantung, stroke, dan lain-lain. Pembersih alami ini pun salah satu keistimewaan dari proses menstruasi yang datang setiap bulannya.

6. Melepaskan Frustasi dan Kemarahan

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, hati punya peran sangat penting baik dalam siklus menstruasi maupun kesehatan. Sebagian wanita mengalami perasaan tidak menentu ketika PMS datang. Marah-marah, sesak di dada, serta frustasi pun susah dielakkan.

Faktanya, manfaat menstruasi ini dapat melepaskan segala gejala PMS yang dialami sebelumnya. Mood wanita setelah PMS pun akan lebih stabil dan lebih bahagia, bukan?

7. Kulit Wajah Lebih Bersih

Pernahkah mengalami wajah yang berjerawat ketika PMS atau menjelang menstruasi? Perubahan hormon salah satu pemicunya. Untungnya, begitu mulai menstruasi, kadar progesteron akan mulau turun.

Artinya, manfaat menstruasi ini bisa membantu kulit wajah menjadi lebih bersih dan terlihat cerah. Untuk menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat bisa dibantu dengan memakai skincare secara rutin, ya.

Jika gejala tidak nyaman selama menstruasi tidak mereda atau memburuk, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: