14 Manfaat Buah Duku yang Menakjubkan, Bisa Merawat Kulit, Mencegah Kanker Hingga Memperkuat Tulang

14 Manfaat Buah Duku yang Menakjubkan, Bisa Merawat Kulit, Mencegah Kanker Hingga Memperkuat Tulang

ilustrasi gambar, 14 manfaat buah duku yang menakjubkan--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Duku adalah jenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini memiliki kemiripan dengan buah langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan berbagai variasinya.

Tapi taukah kamu bahwa buah duku ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, mau tau apa saja? simak penjelasannya berikut ini.

Meski buah ini kecil, namun dagingnya cukup tebal. Rasanya manis jika sudah matang. 

Hebatnya, tak hanya daging buah duku saja yang bermanfaat untuk kesehatan. Biji dan daun buah duku pun bermanfaat untuk kesehatan.

BACA JUGA:Jelang Penerimaan Peserta Didik Baru, Pemkab Bekasi Lakukan Sinkronisasi Data Jumlah Warga

Menurut Kementerian Kesehatan RI, kandungan zat gizi dalam buah duku sangat beragam. Semua kandungan nutrisinya memberikan manfaat bagi tubuh.

Dalam 100 gram buah duku, diantaranya mengandung air 8,0 gram (g), kalori 63 kkal, protein 1,0 g, serat 4,3 g, lemak 0,2 g, dan karbohidrat 16,1 g. Selanjutnya, ada kalsium 18 miligram (mg), fosfor 9 mg, besi 0,9 mg, natrium 2 mg, kalium 149 mg, tembaga 0,09 mg, dan seng 0,2 mg.

Tak hanya itu, ada pula kandungan thiamin 0,05 mg, riboflavin 0,15 mg, niasin 1,5 mg dan vitamin C 9 mg. Dari kandungan itu, bisa dilihat meskipun mungil buah duku mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. 

Dari kandungan zat gizi yang dimilikinya, berikut ini manfaat buah duku untuk kesehatan dan kecantikan:

BACA JUGA:Viral, Pelajar Berusia 16 Tahun Nyetir Yaris Tabrak 11 Motor dan 2 Mobil di Bekasi, Kabur Diteriaki Warga

1. Anti malaria

Dalam jurnal Phytochemistry, beberapa ahli dari Thailand dan Inggris melakukan penelitian terhadap biji duku sebagai obat malaria. Dari penelitian tersebut, ekstrak biji duku dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit malaria falciparum. 

2. Mencegah sembelit

Buah duku mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh. Sehingga gangguan pencernaan seperti sembelit bisa dicegah dengan mengonsumsi buah duku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: