Efek Samping Jika Terlalu Sering Makan Tomat Mentah, Bisa Picu 7 Penyakit ini

Efek Samping Jika Terlalu Sering Makan Tomat Mentah, Bisa Picu 7 Penyakit ini

Bahaya Mengonsumsi Tomat Mentah secara Berlebihan-Bahaya Mengonsumsi Tomat Mentah secara Berlebihan-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-  Tomat sering disarankan untuk dimakan secara teratur, terutama untuk menjaga kesehatan mata. Namun tanpa kita sadari nyatanya tomat juga mempunyai sejumlah manfaat yang sangat pnting bagi tubuh kita loh.

Di Indonesia, ditemukan berbagai macam varietas tomat yang ditanam. Setiap varietas biasanya memiliki karakteristik yang unik, seperti ukuran, warna, dan cita rasa yang bervariasi. Kamu bisa menemukan buah yang satu ini di manapun, supermarket, pasa swalayan hingga minimarket menjual buah tomat.

Tomat juga bisa dinikmati dengan berbagai cara, entah itu langsung dikonsumsi, diolah menjadi jus segar, atau digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan.

Bahaya Mengonsumsi Tomat Mentah secara Berlebihan

Meskipun aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, mengonsumsi tomat mentah secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Terutama bagi mereka yang memiliki masalah perut seperti maag atau sedang mengonsumsi obat penurun tekanan darah, serta penderita gangguan perdarahan.

Kandungan likopen dalam tomat dapat memperburuk gejala maag dan masalah perut lainnya, serta berpotensi menurunkan tekanan darah. Jadi, bagi yang sedang menjalani pengobatan tekanan darah sebaiknya menghindari konsumsi tomat mentah secara berlebihan.

Selain itu, masih ada beberapa risiko yang perlu diwaspadai ketika mengonsumsi tomat mentah secara berlebihan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:

1.   Potensi Alergi

Tomat mengandung histamin yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan ancaman dari luar. Konsumsi tomat mentah secara berlebihan dapat meningkatkan risiko timbulnya ruam dan reaksi alergi, terutama bagi individu yang rentan terhadap alergi.

2.   Risiko Diare

Bagi mereka yang memiliki intoleransi terhadap tomat, sebaiknya menghindari konsumsi tomat mentah berlebihan. Beberapa studi, termasuk laporan ilmiah dari University of Minnesota, menunjukkan bahwa beberapa tomat mentah dapat terkontaminasi dengan bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan diare.

3.   Gangguan Lambung

Tomat mengandung asam malat dan asam sitrat, yang dapat meningkatkan risiko acid reflux atau gejala asam lambung naik. Konsumsi tomat mentah berlebihan, terutama oleh individu yang menderita gangguan asam lambung, dapat menyebabkan peningkatan produksi asam lambung yang berlebihan, menyebabkan gejala heartburn.

4.   Nyeri Sendi

Tomat, khususnya tomat hijau, mengandung senyawa glikoalkaloid yang dapat memperparah peradangan dan menyebabkan nyeri sendi jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Dengan memahami risiko-risiko ini, penting untuk mengonsumsi tomat dengan bijak dan tidak berlebihan. Jika memiliki kondisi medis tertentu atau sensitivitas terhadap tomat, konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsinya dalam jumlah besar.

Berikut adalah bahaya mengonsumsi tomat mentah secara berlebihan yang perlu diwaspadai:

  • Risiko Batu Ginjal

Tomat mentah mengandung tinggi kalsium dan asam oksalat, yang bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal karena tubuh sulit memecah nutrisi dalam jumlah besar. Ini dapat menyebabkan penumpukan nutrisi berlebihan dan pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu, bagi yang memiliki masalah ginjal, disarankan untuk membatasi konsumsi tomat dan produk tomat.

  • Potensi Masalah Kandung Kemih

Studi dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi tomat mentah yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pada kandung kemih seperti iritasi dan inkontinensia urine. Makanan asam seperti tomat dan makanan yang kaya vitamin C berisiko memperburuk gejala kandung kemih.

  • Lycopenodermia

Meskipun likopen dalam tomat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan melindungi tubuh dari kanker, mengonsumsi tomat mentah dalam jumlah besar dapat menyebabkan lycopenodermia, yang membuat kulit tampak oranye tua. Meskipun tidak membahayakan kesehatan secara signifikan, kondisi ini dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Sebaiknya, konsumsi tomat mentah tidak melebihi 75 miligram setiap hari.

Demikian pembahasan tentang manfaat makan tomat merah. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: