8 Manfaat Minyak Kelapa Dalam Menyembuhkan Risiko Penyakit Berbahaya

8 Manfaat Minyak Kelapa Dalam Menyembuhkan Risiko Penyakit Berbahaya

Manfaat Minyak Kelapa -Manfaat Minyak Kelapa -

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-  Keterbatasan pasokan dan lonjakan harga minyak goreng di pasaran telah berdampak signifikan pada banyak orang. Minyak goreng menjadi kebutuhan esensial di rumah tangga dan dalam dunia bisnis.

Dalam menghadapi situasi ini, ada solusi praktis yang dapat diambil. Salah satunya adalah menggantikan minyak goreng dengan minyak kelapa murni untuk keperluan memasak dan menggoreng. Ternyata, minyak kelapa dapat diproduksi secara tradisional dengan cara yang relatif sederhana.

Selain lebih sehat karena tidak mengandung bahan pengawet sebagai keperluan memasak, membuat minyak kelapa sendiri juga memiliki manfaat yang luas bagi kesehatan tubuh terutama untuk mengobati sejumlah penyakit seperti kolestrol.

Minyak Kelapa Untuk Merawat Kesehatan Kulit

Minyak kelapa memiliki tingkat kejenuhan yang tinggi dan dapat digunakan dalam memasak serta sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Pada suhu ruangan, minyak kelapa berbentuk padat namun bisa mencair saat dipanaskan.

Berdasarkan penelitian, terdapat beberapa potensi manfaat minyak kelapa dalam menyembuhkan sejumlah penyakit. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut :

1.  

1.   Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Minyak kelapa juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Peningkatan HDL ini berkaitan erat dengan penurunan risiko berbagai penyakit jantung dan pembuluh darah. Manfaat ini berasal dari kandungan asam lemak dalam minyak kelapa.

2.       Menurunkan Kolesterol Jahat

Selain meningkatkan kolesterol baik, minyak kelapa juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Dengan peningkatan kadar HDL, minyak kelapa juga dapat menekan kadar LDL. Sebuah penelitian yang melibatkan 40 wanita menemukan bahwa minyak kelapa dapat menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL.

3.   Perlindungan untuk Kesehatan Liver

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh jurnal Society of Chemical Industry pada tikus yang mengalami penyakit hati menunjukkan bahwa tikus yang diberi makanan tinggi glukosa tanpa tambahan minyak kelapa menunjukkan perbaikan yang lebih lambat dibandingkan dengan tikus yang diberi makanan yang sama tetapi dengan tambahan minyak kelapa. Hasil ini mengindikasikan bahwa beberapa komponen yang terdapat dalam minyak kelapa dapat membantu melindungi fungsi hati.

4.   Mengurangi Risiko Degenerasi Jaringan Tubuh dan Organ

Minyak kelapa kaya akan lemak jenuh, mencapai sekitar 80-90%. Studi menunjukkan bahwa masyarakat Tokelau di Pasifik, yang mengonsumsi banyak minyak kelapa, tetap dalam kondisi sehat dan jarang mengalami penyakit degeneratif yang memburukkan jaringan dan organ tubuh.

5.   Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Minyak kelapa dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak kelapa dalam diet mereka memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, terutama ketika menggunakan minyak kelapa murni yang diekstrak langsung dari buah kelapa tanpa tambahan apapun. Namun, disarankan untuk menyeimbangkan konsumsi minyak kelapa dengan makanan tinggi serat dan rendah gula.

6.   Sifat antibakteri

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang mampu membunuh bakteri, virus, dan jamur. Oleh karena itu, mengonsumsi minyak kelapa diyakini dapat mengurangi risiko infeksi mikroba. Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa minyak kelapa dapat digunakan sebagai obat kumur, yang dikenal sebagai oil pulling, yang bermanfaat untuk kesehatan mulut

7.   Mengatasi infeksi Candida

Candida, Canddiasis atau kandidiasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh Jamur Candida albicans. Candida umumnya menginfeksi bagian tubuh yang lembab seperti mulut, organ intim hingga saluran pencernaan.

Peran minyak kelapa disini dipercaya mampu melawan infeksi jamur tersebut. Unntuk mendapatkan manfaatnya amu bisa menggunakan minyak kelapa secara rutin hingga gejala infeksi dapat mereda dengan sendirinya.

8.   Merawat Kesehatan Gigi

Studi yang diterbitkan di International Journal of Health Sciences – Qassim University menemukan bahwa oil pulling, metode tradisional yang melibatkan penggunaan minyak untuk membersihkan mulut, sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi.

Oil pulling ini serupa dengan penggunaan obat kumur modern. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif dalam mencegah pembusukan gigi, mengatasi peradangan gusi, dan memengaruhi keseimbangan bakteri dalam mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: