Mengenal 7 Manfaat Tanaman Pulosari Bagi Kesehatan, Bisa Melancarkan Haid hingga Menurunkan Demam

Mengenal 7 Manfaat Tanaman Pulosari Bagi Kesehatan, Bisa Melancarkan Haid hingga Menurunkan Demam

Manfaar Tanaman Pulosari bagi Kesehatan--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Apakah kamu sering menemukan tanaman pulosari di sekitarmu? Ternyata tanaman pulosari mempunyai berbagai manfaat lho!

 

Tanaman pulosari, juga dikenal sebagai palasari atau pulasari di beberapa daerah, memiliki nama ilmiah Alyxia stellata Ret.Sch. Tanaman ini termasuk jenis tumbuhan liar yang menjalar atau memanjat.

 

Meskipun dianggap sebagai tumbuhan liar, pulosari memiliki sejumlah manfaat yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

 

Dalam pengobatan, pulosari sering digunakan bersama dengan adas. Bagian kulitnya dimanfaatkan untuk meredakan batuk, rejan, mengatasi perut kembung, mengurangi keputihan, dan bahkan menurunkan panas.

 

Manfaat Tanaman Pulosari

 

Pulosari mengandung senyawa alami seperti alkaloid, kumarin, zat samak, dan beberapa senyawa lainnya.

 

Berikut beberapa manfaat pulosari yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsinya:

 

Melancarkan haid

 

Siklus haid yang tidak teratur dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang serius. Kamu bisa membuat ramuan dengan merebus batang pulosari, adas, daun, dan bunga srigading, jintan hitam, bunga kesumba keling, jeruk nipis, dan gula batu, yang dapat diminum 3 kali sehari untuk membantu melancarkan siklus menstruasi.

 

Sebagai obat batuk pada anak

 

Batuk pada anak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cuaca atau penurunan daya tahan tubuh. Tanaman pulosari bisa dimanfaatkan untuk obat batuk pada anak lho!

Kamu bisa menghaluskan kulit batang pulosari, merebusnya, dan menambahkan adas, bawang merah, dan gula batu. Cara ini diyakini dapat membantu meredakan gejala batuk pada anak-anak.

 

Gangguan perut pada anak

 

Anak-anak sering mengalami gangguan perut seperti diare atau perut kembung. Hal ini mungkin disebabkan karena mereka belum sepenuhnya memahami makanan yang bersih dan yang tidak.

 

Namun, tidak perlu khawatir karena ada banyak pengobatan alami yang bisa dilakukan, salah satunya adalah menggunakan batang pulosari. Bagian tanaman pulosari yang dicampur dengan adas dan daun jambu biji muda dapat membantu meringankan gangguan perut pada anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: