Rupiah Kian Melemah, Yuk Pahami Istilah-Istilah dalam Dunia Ekonomi!

Rupiah Kian Melemah, Yuk Pahami Istilah-Istilah dalam Dunia Ekonomi!

Rupiah Kian Melemah, Yuk Pahami Istilah-Istilah dalam Dunia Ekonomi!--Google

Saat ini Indonesia sedang mengalami inflasi yang sangat tinggi hingga mencapai Rp. 16.209,00. Tentu saja hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu konflik antara Israel dengan Iran yang baru-baru ini sedang hangat diperbincangkan. 

 

Apa itu Inflasi?

Inflasi adalah peningkatan umum dalam harga barang dan jasa dalam suatu ekonomi selama periode waktu tertentu. Ini berarti bahwa daya beli uang menurun karena harga barang dan jasa naik secara keseluruhan. Inflasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk permintaan yang tinggi, biaya produksi yang meningkat, atau kebijakan moneter yang longgar.

 

Tentu, berikut beberapa istilah umum dalam ekonomi:

1. PDB (Produk Domestik Bruto)

Total nilai semua barang dan jasa yang dihasilkan dalam suatu negara dalam satu tahun.

2. Inflasi

Peningkatan umum dalam harga barang dan jasa dalam suatu ekonomi selama periode waktu tertentu, menyebabkan daya beli uang turun.

3. Permintaan dan Penawaran

Konsep dasar dalam ekonomi yang menggambarkan hubungan antara jumlah barang dan jasa yang ingin dibeli (permintaan) dan jumlah barang dan jasa yang tersedia (penawaran).

4. Kebijakan Moneter

Kebijakan yang diadopsi oleh bank sentral suatu negara untuk mengatur jumlah uang beredar dan suku bunga, dengan tujuan mengontrol inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: inflasi