Jangan Sembarangan, Berikut 5 Cara yang Bisa Kamu Gunakan Dalam Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Jangan Sembarangan, Berikut 5 Cara yang Bisa Kamu Gunakan Dalam Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Sunscreen untuk Kulit Berjerawat-Sunscreen untuk Kulit Berjerawat-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Sunscreen berperan penting dalam melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Karenanya sunscreen menjadi langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit di pagi hari.

Meskipun penggunaan sunscreen bagi kulit itu sangat penting, banyak orang yang mengabaikan langkah ini karena khawatir akan membuat kulit terasa berminyak dan lengket, atau bahkan memperburuk kondisi jerawat.

Bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat, disarankan untuk memilih sunscreen yang ringan agar tidak memperparah kondisi kulit atau menyebabkan bekas jerawat menjadi lebih gelap.

Sebelum memilih brand atau jenis sunscreen tertentu, penting untuk mengetahui beberapa tips dalam memilih sunscreen untuk kulit berjerawat agar kulit tetap terlindungi dan tidak memperparah kondisi jerawat.

1. Pilih sunscreen dengan tekstur ringan dan risiko iritasi minim

Sunscreen memiliki berbagai macam tekstur, mulai dari berat hingga ringan, serta berbagai bentuk seperti gel, lotion, dan krim. Untuk kulit berjerawat, disarankan memilih sunscreen dengan tekstur ringan seperti gel atau lotion yang mudah diserap oleh kulit. Pastikan juga sunscreen tersebut memiliki risiko iritasi minimal terhadap jerawat.

2. Pilih yang oil-free dan mengontrol produksi minyak

Kulit berjerawat cenderung memproduksi sebum berlebihan, yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, pilih sunscreen yang bebas minyak dan dapat mengontrol produksi minyak pada wajah agar tidak memicu jerawat baru. Pilihlah jenis sunscreen oil-free yang tidak menyumbat pori-pori.

3. Pilih sunscreen dengan formula non comedogenic

Pastikan sunscreen yang dipilih memiliki formula non comedogenic, yang lebih ringan dan tidak akan menyumbat pori-pori, sehingga tidak memicu timbulnya jerawat atau komedo baru.

4. Pilih bahan sunscreen yang mudah dibersihkan

Penting untuk memilih sunscreen yang mudah dibersihkan agar kulit tetap terlindungi tanpa menyebabkan jerawat. Hindari sunscreen dengan klaim water resistant atau waterproof karena sulit dibersihkan, dan pastikan untuk membersihkan sunscreen dengan cleanser, bukan hanya menggunakan air saja.

Dengan memperhatikan tips di atas, diharapkan pemilihan sunscreen dapat memberikan perlindungan yang optimal tanpa memperburuk kondisi kulit berjerawat.

5. Pilih sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan Kebutuhan Kulit

Dalam memilih sunscreen, penting untuk memperhatikan tingkat SPF yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Tingkat SPF biasanya bervariasi dari 15 hingga 50. Menurut American Academy of Dermatology Association, tingkat SPF 30 adalah pilihan yang sangat disarankan.

Sunscreen dengan SPF 30 sudah cukup melindungi kulit untuk kegiatan dalam ruangan dan penggunaan sehari-hari, melindungi kulit hingga sekitar 97% dari sinar UVB. Sedangkan, SPF 50 memberikan perlindungan lebih tinggi, melindungi kulit hingga sekitar 98% dari paparan sinar UVB, cocok untuk aktivitas di luar ruangan.

6. Perhatikan komposisi sunscreen untuk kulit sensitif

Bagi yang memiliki kulit sensitif dan rentan jerawat, penting untuk memeriksa komposisi sunscreen sebelum penggunaan. Pilihlah sunscreen dengan bahan-bahan alami dan bebas aditif yang dapat mengiritasi kulit.

Hindari sunscreen dengan kandungan alkohol, mineral oil, paraben, surfaktan, parfum, dan bahan kimia lainnya. Pastikan sunscreen yang dipilih memiliki label hypoallergenic atau cocok untuk kulit sensitif, serta mengandung pelembap untuk menjaga kelembapan kulit.

Enam tips di atas dapat membantu Kamu memilih sunscreen yang aman untuk kulit berjerawat dan sensitif. Untuk memudahkan, Kamu dapat memilih salah satu rekomendasi sunscreen khusus untuk kulit berjerawat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: