Bayi Muntah Setelah Minum ASI, Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Bayi Muntah Setelah Minum ASI, Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Penyebab Bayi Muntah-(Pixabay/RitaE)-

 

Saluran pencernaan bayi yang belum matang

 

Selama beberapa bulan awal, bayi mungkin mengalami muntah setelah menyusu ASI karena oesophagus, yang menghubungkan kerongkongan dengan saluran pencernaannya, masih belum sepenuhnya matang untuk berfungsi secara optimal.

 

Proses pematangan katup khusus ini biasanya dimulai ketika bayi mencapai usia sekitar empat atau lima bulan.

 

Agar dapat mencegah dan mengatasi muntah ASI pada bayi setelah menyusu, Moms dapat memastikan bahwa bayi tetap dalam posisi tegak selama 30 menit setelah menyusu. Disarankan untuk menghindari kegiatan bermain atau mengayun bayi secara langsung setelah menyusui.

 

Selain itu, Moms juga perlu memastikan bahwa Si Kecil bersendawa setelah menyusu, karena ini dapat membantu mengurangi akumulasi udara di perut bayi selama proses menyusu.

 

Bayi memiliki riwayat GERD

 

Bayi yang mengalami muntah setelah menyusu ASI akibat GERD biasanya menunjukkan beberapa gejala berikut:

 

1. Menunjukkan ketidaknyamanan dan rasa sakit akibat refluks.

 

2. Mengalami masalah pernapasan seperti mengi, batuk, dan tersedak ketika menyusu, bahkan dapat mengakibatkan pneumonia karena ASI masuk ke paru-paru.

 

3. Terkadang mengalami pertumbuhan yang terhambat, karena muntah dapat menghambat asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya.

 

 

Jika Moms memiliki kecurigaan bahwa muntah setelah menyusu bayi disebabkan oleh GERD, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Hal ini penting agar bayi dapat dievaluasi lebih lanjut dan Moms mendapatkan saran perawatan yang sesuai.

Nah Itulah beberapa penyebab bayi muntah.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: