Cuaca di Tanah Suci Panas, Jema'ah Haji Diimbau Bawa Payung dan Banyak Minum Air

Cuaca di Tanah Suci Panas, Jema'ah Haji Diimbau Bawa Payung dan Banyak Minum Air

Keloter ketiga jema'ah haji asal Kabupaten Bekasi mulai berangkat ke tanah suci mekah.--(sumber foto : karawangbekasi.disway.id)

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Keloter ketiga jema'ah haji asal Kabupaten Bekasi mulai berangkat ke tanah suci mekah. 880 jema'ah haji dari jumlah total keseluruhan 2.249 kouta yang disediakan mereka akan terbang setelah sebelumnya menginap di Embarkasih Haji di Kota Bekasi. 

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi meminta calon jemaah haji agar membawa payung saat menjalankan haji ke tanah suci pada tahun 2024. Pasalnya, di Arab Suadi tengah berlangsung cuaca panas ekstrem.

"Melihat kondisi cuaca setiap kali pembinaan sudah disampaikan jaga kesehatan, konsumsi makanan dan minuman bergizi, dan jangan lupa bawa payung saat di tanah suci," kata Kepala Kemenag Kabupaten Bekash, Shobirin usai pelepasan pemberangkatan calon jamaah haji di Gedung Swantantra Wibawamukti Pemda Bekasi pada Senin (20/05).

Menurut Sobirin, para calon jemaah haji juga wajib perbanyak minum air putih agar terhindar dehidrasi. Selain membawa alat pelindung diri (APD) seperti payung, topi dan sebagainya.

BACA JUGA:Warga Desak Pemerintah Tertibkan Sampah Ilegal di Jayasampurna

Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi juga terus melakukan pemeriksaan secara rinci terhadap kesehatan calon jemaah haji. "Kita doakan saja semua calon jemaah haji Kabupaten Bekasi dikasih kesehatan, kemudahan dan jadi haji mabrur," katanya.

Shobirin menambahkan, total calon jamaah haji asal Kabupaten Bekasi tahun 2024 sebanyak 2.249. "Jadi total sudah 880 calon jamaah haji dari dua kloter yang dilepas pemberangkatannya," katanya.

Dia menambahkan, mereka dilepas untuk menuju asrama haji Bekasi sebelum nanti berangkat ke bandara terbang menuju tanah suci.

"Kami berharap seluruh jamaah mampu menjalankan ibadah haji dengan kondisi prima terlebih tahun ini pemerintah memberlakukan kebijakan pemeriksaan kesehatan penuh sebelum pelunasan biaya haji," katanya.

BACA JUGA:GEMPAR! Mayat Wanita Ditemukan di Selokan Bekasi, Ada Benturan di Kepala

Senada, Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan juga mengatakan agar jemaah haji senantiasa menjaga kesehatan fisik dan mental dalam pelaksanaan ibadah haji di tanah suci. Selain itu dia mengingatkan agar jemaah selalu mengikuti arahan para petugas haji.

"Manfaatkanlah bapak-ibu kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dengan niat yang tulus ikhlas untuk beribadah kepada Allah SWT," katanya.

Dani Ramdan menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya, kepada seluruh petugas haji yang bekerja keras menyiapkan segala kelengkapan jemaah haji Kabupaten Bekasi. Sehingga pemberangkatan dapat terlaksana sesuai dengan yang ditentukan.

BACA JUGA:Nonton Kamen Rider Gotchard Episode 36 sub Indo: 'The Origin of Chemies!'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: