Pemkab Karawang Bersama Komite Ekraf Gelar Kurasi Seni Pertunjukkan Ketuk Tilu

Pemkab Karawang Bersama Komite Ekraf Gelar Kurasi Seni Pertunjukkan Ketuk Tilu

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) bersama Komite Ekraf Karawang menggelar kurasi seni pertunjukkan ketuk tilu sebagai upaya untuk lebih menyelami pesona kekayaan budaya khas Karawangan menuju "Karaw--(sumber foto : karawangbekasi.disway.id)

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) bersama Komite Ekraf Karawang menggelar kurasi seni pertunjukkan ketuk tilu sebagai upaya untuk lebih menyelami pesona kekayaan budaya khas Karawangan menuju "Karawang Creative City".

Kegiatan Kurasi Seni Pertunjukan Budaya Khas Karawang Ketuk Tilu tersebut berlangsung di aula Universitas Buana Perjuangan (UBP) Kabupaten Karawang pada, Minggu (19/5/2024).

Plt Kepala Disparbud Kabupaten Karawang Zaeni, menyampaikan, Karawang merupakan tempat tinggalnya para seniman dan budayawan yang memiliki prestasi luar biasa, baik dikancah Nasional maupun Internasional.

“Dari tangan-tangan terampilnya, tak sedikit para seniman yang mengharumkan nama Karawang. Ini menjadi langkah yang elegan dalam memahat kembali tradisi yang terpatri hingga menjadi identitas jati diri Karawang," ujar Zaeni, Senin, 20/5/2024.

BACA JUGA:Pesan Khusus Mantan Pj Bupati Bekasi Tiga Periode, Dani Ramdan Siap Kembali?

Zaeni menerangkan, Pemkab Karawang sedang berupaya untuk bisa mewujudkan Karawang Creative City, setelah sebelumnya telah berhasil meraih predikat Kabupaten Kota Kreatif Indonesia dengan subsektor unggulannya yaitu Seni Pertunjukan.

“Karawang telah resmi menjadi bagian dari Kota Kreatif atau Kabupaten Kota Kreatif Indonesia, hal ini berdasarkan hasil uji petik oleh Kemenparekraf PMK3 pada 27 Juni 2023 lalu. Insya Allah ini adalah jalan panjang menuju Branding Karawang Creative City," ungkap Zaeni.

Ia memaparkan, setelah kegiatan kurasi ini, pihaknya akan menampilkan Seni Pertunjukan Ketuk Tilu dan Topeng Banjet dalam gelaran “Pesta Kesenian Raky "Pesta Kesenian Rakyat" di Desa Wisata Kreatif Karangjaya, Kecamatan Tirtamulya pada tanggal 29 sampai 30 Mei 2024.  

"Kami akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk bersama-sama dalam menguatkan budaya khas Karawangan. Kegiatan ini sebagai bukti nyata dalam mendorong para pelaku industri kreatif di Karawang," kata Zaeni.

BACA JUGA:HUT ke-63, Bank bjb Hadirkan Semarak Promo Diskon 63%

Sementara itu, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) Disparbud Kabupaten Karawang Fazryan Wardani Adhitya, menuturkan, acara Kurasi Ketuk Tilu  ini berhasil menarik perhatian para penggemar seni dan budaya tradisional Karawang.

“Ini merupakan salah satu ikhtiar kami selaku Bidang Ekraf untuk mendorong para pelaku industri kreatif, terutama para seniman pertunjukan dengan mengadakan kurasi sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas SDM yang berkualitas," terang Adhitya.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menampilkan keahlian mereka dalam seni Ketuk Tilu Karawangan. "Insya Allah Karawang akan terus maju dan berkembang," ujar Adhitya.

Lebih lanjut, Direktur Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Karawang, Rahmat Wiguna mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi kepada berbagai pihak atas terselenggaranya kegiatan Kurasi Seni Pertunjukan Khas Budaya Karawang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: