Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam, No 7 Wajib Diketahui

Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam, No 7 Wajib Diketahui

Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam, No 7 Wajib Diketahui-Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam, No 7 Wajib Diketahui-Foto: Madaninews.id

   - Sebelum menyembelih, bacalah: “Bismillah, Allahu Akbar” (Dengan nama Allah, Allah Maha Besar). Membaca doa tersebut juga dilakukan oleh beberapa orang untuk membuat hewan yang sebelum disembelih tersebut merasa tenang dan tidak mengamuk ketika akan disembelih.

 

Baca juga: Perlu di Catat! Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Hewan Kurban

 

6. Menyembelih Hewan

   - Potong tiga saluran utama di leher hewan (saluran pernapasan, saluran makanan, dan dua pembuluh darah arteri/jugularis).

   - Pastikan pemotongan dilakukan dengan satu kali gerakan untuk memastikan hewan mati dengan cepat dan darah mengalir sempurna.

7. Menunggu Hingga Hewan Mati Sepenuhnya

   - Biarkan darah mengalir keluar hingga hewan benar-benar mati. Jangan memotong bagian tubuh lainnya sebelum hewan benar-benar mati. Perlu diingat juga adab-adab ketika menyembelih hewan, terutama hewan kurban. Jangan sampai hewan tersebut merasa sedih sebelum disembelih dan memaksa memotong tubuhnya ketika hewan tersebut belum mati sepenuhnya.

8. Membersihkan Hewan

   - Setelah hewan mati, bersihkan tubuh hewan dan persiapkan untuk pemotongan lebih lanjut. Bersihkan daging kurban tadi dari segala kotoran yang ada, baik darah, tanah, maupun yang lainnya serta pastikan daging tersebut layak untuk dikonsumsi.

9. Pembagian Daging

   - Bagilah daging kurban sesuai syariat: sebagian untuk keluarga, sebagian untuk tetangga, dan sebagian untuk fakir miskin. Dianjurkan untuk membagikan daging secara adil dan tepat sasaran.

 

 Catatan Tambahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: