5+ Tips Tingkatkan Imun Tubuh Anak

5+ Tips Tingkatkan Imun Tubuh Anak

-(Pixabay/Vika_Glitter)-

Imun tubuh yang kuat, terutama pada anak-anak, sangat penting untuk melawan infeksi dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

 

Penyebab Imun Tubuh Menurun

 

Sebelum mengetahui tips meningkatkan imun tubuh anak, Moms perlu tahu penyebab imun tubuh menurun terlebih dahulu.

 

Penurunan daya tahan tubuh pada anak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun luar. 

 

Faktor-faktor lingkungan seperti polusi udara, paparan jamur berbahaya, virus, parasit, dan infeksi bakteri dapat mengganggu kinerja sistem kekebalan tubuh anak.

 

Zat-zat berbahaya dan mikroorganisme ini bisa langsung merusak sel imun atau mengganggu fungsinya, yang pada gilirannya mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh.

 

Faktor internal seperti Penyakit Imunodefisiensi Primer, contohnya SCID atau Bubble Boy Disease, yang bersifat genetik, juga bisa menjadi penyebab. Pada kondisi tersebut, anak-anak lebih rentan terhadap infeksi bakteri, virus, dan jamur.

 

Gangguan sementara pada sistem kekebalan tubuh juga bisa menjadi penyebab lain dari penurunan daya tahan tubuh anak. Hal ini dapat disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Infeksi seperti influenza dan mononukleosis juga bisa sementara memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: