Karawang Memiliki Ruang Aspirasi Khusus Para Buruh di Wilayah KIIC

Karawang Memiliki Ruang Aspirasi Khusus Para Buruh di Wilayah KIIC

Kabupaten Karawang dijadikan pilot project pembangunan Area Aspirasi di kawasan industri se-Indonesia. Area ini dikhususkan untuk menampung aspirasi para buruh di wilayah Karawang Internasional Industrial City (KIIC).--(Foto: karawang.bekasi.disway.id)

KARAWANGBEKASI.DISWAY.IDKabupaten Karawang dijadikan pilot project pembangunan Area Aspirasi di kawasan industri se-Indonesia. Area ini dikhususkan untuk menampung aspirasi para buruh di wilayah Karawang Internasional Industrial City (KIIC).

Pembangunan area aspirasi ini diinisiasi oleh 3 unsur yakni; Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, Polres Karawang dan pihak KIIC.

“Ide ini tercetus oleh Kapolres bersama Pemerintah Daerah. Saat itu kami berbincang, akhirnya menemukan kesepakatan bahwa perlu dibangun suatu area aspirasi untuk masyarakat menyalurkan pendapat,” ujar Direktur KIIC, Sanny Iskandar usai peletakan batu pertama area aspirasi, pada Kamis (30/5/2024).

Sanny mengatakan, area aspirasi ini dibangun seluas 1,3 hektare dilengkapi beberapa fasilitas infrastruktur dari mulai gerbang area, ruang mediasi dan ruang jaga, toilet, panggung dan atap, lapangan demo, parkir kendaraan, perkerasan sisi slope dan pagar panel.

BACA JUGA:Bea Cukai Cikarang Musnahkan 4.417.864 Batang Rokok Ilegal dari Hasil 98 Operasi

“Harapannya 2-3 bulan kedepan sudah rampung bangunan dan semua sarananya,” terangnya.

Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, area aspirasi ini akan bermanfaat bagi investor dan masyarakat.

Jadi, ketika ada permasalahan seputar industri atau ketenagakerjaan, pihak-pihak bersangkutan bisa menyelesaikan masalah di area aspirasi ini.

“Karawang sudah mulai menciptakan iklim investasi yang baik dengan menghubungan masyarakat dengan investor. Hubungan keduanya harus baik. Pendapat harus diterima dan dimediasi, tolong untuk bisa membangunkan area aspirasi yang layak, humanis dan manusiawi,” jelasnya.

BACA JUGA:KonoSuba Season 3 Episode 8 Sub Indo: 'Beri Istirahat Abadi Kepada Pemilik Danau Ini!

Ditempat yang sama, Bupati Karawang, Aep Syaepuloh berharap, area ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan memberikan keadilan bagi masyarakat Karawang.

Dengan adanya pembangunan pilot project ini, Aep menekankan bahwa Karawang harus selangkah lebih maju dari Kabupaten/Kota lain.

“Ini baru pertamakali se-Indonesia ada inisiasi ini, mudah-mudahan betul bisa memberikan keadilan. Sehingga ada keselarasan antara investor dan masyarakat. Ditambah KIIC ini adalah objek vital industri nasional, Karawang harus jadi Kabupaten yang lebih maju,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: