Ternyata Ini Pertimbangan Besar dari Guru Tidak Menaikkan Siswa Ke Kelas Atas, Orang Tua Harus Memakluminya

Ternyata Ini Pertimbangan Besar dari Guru Tidak Menaikkan Siswa Ke Kelas Atas, Orang Tua Harus Memakluminya

Pertimbangan siswa tidak naik kelas--picture by bpkpenabur.or.id

Saat pembagian rapot kenaikan kelas pasti pernah mendengar bahwa ada siswa yang tidak naik kelas. Sontak hal ini membuat kaget seluruh orang tua yang ikut prihatin. 

Keputusan ini tentu melalui berbagai pertimbangan yang dilakukan oleh guru dan juga pihak lainnya. Terutama wali kelas yang akan lebih mengetahui siswanya itu. 

Tidak sedikit juga dari orang tua mereka yang tidak bisa menerima dan memakluminya bahwa anaknya belum bisa naik kelas. Pertimbangan yang diperhatikan mulai dari kemampuan pengetahuan siswa, kebiasaan, dan masih banyak lagi. 

Jika siswa trsebut dipaksakan naik kelas, maka jauh lebih kasian kepada anaknya. Lebih baik, dimatangkan di kelas bawah terlebih dahulu. 

Bagi orang tua yang mengalami hal ini, tidak perlu merasa sedih dan gagal mendidik anak. Hal yang perlu dilakukan adalah memotivasi anak untuk lebih giat belajar dan turut aktif dalam berkontribusi untuk kemajuan anak. 

Ketika seorang guru memutuskan untuk tidak menaikkan seorang siswa ke kelas atas, keputusan tersebut biasanya didasarkan pada sejumlah pertimbangan yang berkaitan dengan perkembangan akademis, sosial, dan emosional siswa. Berikut adalah beberapa pertimbangan besar yang harus orang tua maklumi:

1. Prestasi Akademis yang Tidak Memadai:

Pemahaman Materi: Siswa mungkin belum menunjukkan pemahaman yang memadai terhadap materi pelajaran yang diperlukan untuk maju ke tingkat berikutnya.

Kemampuan Dasar: Kurangnya keterampilan dasar dalam membaca, menulis, atau berhitung yang penting untuk keberhasilan di kelas atas.

BACA JUGA:Jangan Marahi Anak Jika Nilai Rapot Menurun! Orang Tua Perlu Lakukan 9 Hal Ini

Konsistensi Nilai: Nilai yang terus-menerus rendah dalam beberapa mata pelajaran kunci yang menunjukkan bahwa siswa belum siap untuk menghadapi tantangan akademis yang lebih tinggi.

2. Perkembangan Sosial dan Emosional:

Kematangan Emosional: Siswa mungkin menunjukkan tanda-tanda kurangnya kematangan emosional yang dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan tuntutan yang lebih tinggi di kelas atas.

Keterampilan Sosial: Masalah dalam interaksi sosial dengan teman sekelas, seperti kesulitan dalam bekerja sama atau berkomunikasi secara efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: