Penyebab dan Gejala Mata Ikan, Kutil, dan Kapalan Berikut Cara Pengobatanya.

Penyebab dan Gejala Mata Ikan, Kutil, dan Kapalan Berikut Cara Pengobatanya.

Mata ikan, kutil, dan kapalan -Mata ikan, kutil, dan kapalan -

·  Kutil

 

Kutil bervariasi dalam bentuk dan lokasi. Ada yang menyerupai daging tumbuh, mirip tahi lalat, atau berbentuk rata dengan kulit sekitarnya.

 

·  Kapalan

 

Kapalan umumnya lebih besar daripada mata ikan dan jarang menimbulkan rasa nyeri. Biasanya tumbuh di bagian kaki yang menopang beban, seperti telapak kaki, tetapi juga dapat muncul di tangan atau lutut yang sering mengalami tekanan. Kulit yang mengalami kapalan terasa lebih tebal, kasar, dan kurang sensitif.

 

Mengobati Mata Ikan, Kutil, dan Kapalan

 

Salah satu metode untuk mengatasi mata ikan, kutil, dan kapalan adalah menggunakan obat-obatan yang termasuk dalam golongan keratolitik, yang bertujuan untuk menipiskan kulit. Umumnya, obat keratolitik mengandung beberapa zat aktif, seperti:

 

·         Asam salisilat: Zat ini bertindak dengan melunakkan keratin yang menyebabkan pengerasan kulit. Proses ini secara bertahap membantu kulit yang menebal untuk menipis. Untuk mengobati kutil, larutan asam salisilat biasanya memiliki konsentrasi antara 5-27%. Untuk mata ikan dan kapalan, konsentrasi yang diperlukan bisa lebih tinggi, yakni antara 12-27%.

 

·         Asam laktat: Zat ini meningkatkan kelembapan kulit dengan cara menarik lebih banyak air ke dalam kulit, sehingga kulit menjadi lebih lembut. Asam laktat juga memiliki sifat keratolitik yang mirip dengan asam salisilat.

 

·         Polidocanol: Berfungsi sebagai obat bius lokal dan pelembap, polidocanol membantu mengurangi rasa gatal pada kulit yang kering dan mengeras.

 

Metode ini dapat membantu dalam meredakan gejala mata ikan, kutil, dan kapalan dengan cara mengurangi ketebalan kulit yang berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: