Penyebab dan Gejala Mata Ikan, Kutil, dan Kapalan Berikut Cara Pengobatanya.

Penyebab dan Gejala Mata Ikan, Kutil, dan Kapalan Berikut Cara Pengobatanya.

Mata ikan, kutil, dan kapalan -Mata ikan, kutil, dan kapalan -

 

Pengobatan mata ikan, kutil, dan kapalan menggunakan kombinasi obat-obatan yang disebutkan di atas memerlukan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu untuk memberikan hasil yang diharapkan. Durasi ini dapat bervariasi tergantung pada seberapa tebal kulit yang menebal. Untuk mempercepat proses pelunakan jaringan kulit, Anda dapat menutup area yang diberi obat dengan kain kassa. Meskipun penggunaan asam salisilat relatif aman, namun penggunaan berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi kulit, sensasi panas atau perih, serta kemerahan pada kulit.

BACA JUGA:4 Cara Paling Ampuh Atasi Kaki Kapalan Berikut Cara Pencegahannya

 

Sebagai perawatan mandiri di rumah, Anda juga dapat mengurangi ketebalan kulit keras pada mata ikan dan kapalan dengan menggunakan batu apung. Caranya, rendam batu apung dalam air hangat dan gosokkan dengan lembut pada mata ikan atau kapalan. Gunakan gerakan memutar untuk mengangkat lapisan kulit mati. Penting diingat, hindari penggunaan benda tajam untuk mengelupas kulit karena dapat menyebabkan luka dan infeksi.

 

Untuk mengobati kutil yang disebabkan oleh virus, dokter mungkin akan merekomendasikan pengobatan lain atau prosedur operasi jika kutil sering tumbuh kembali.

 

Mata ikan, kutil, dan kapalan umumnya dapat diobati dengan obat keratolitik yang tersedia di pasaran. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada kemasan atau anjuran dari dokter, dan hindari mengoleskan obat pada area kulit yang sehat. Jika tidak ada perbaikan setelah penggunaan yang tepat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: