7 Manfaat Ajaib Daun Sambung Nyawa Bagi Kesehatan

7 Manfaat Ajaib Daun Sambung Nyawa Bagi Kesehatan

--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Apakah Anda pernah mendengar tentang tanaman herbal ini? Daun sambung nyawa merupakan tanaman herbal yang diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman dengan nama latin Gynura procumbens ini tumbuh melimpah di negara-negara tropis seperti China, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Beberapa orang juga mengenalnya sebagai daun dewa. Ciri-ciri daun sambung nyawa meliputi warna hijau, bentuk lonjong, dan sedikit berbulu halus.

Berdasarkan jurnal di National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine, tanaman herbal ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai negara. Manfaat daun sambung nyawa melibatkan penanganan penyakit ginjal, jantung, rematik, diabetes, sembelit, hipertensi, dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan saponin, tannin, terpenoid, flavonoid, dan kaempferol-3-O-rutinoside. Selain itu, keberadaan kaempferol, astragalin, hingga rutin juga memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Antioksidan yang terdapat dalam daun ini juga dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan kanker.

BACA JUGA:Rekomendasi Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Sambil Menunggu Wisuda

Berikut adalah beberapa manfaat daun sambung nyawa yang perlu diperhatikan:

1. Mengobati Rematik

   Tanaman ini dapat membantu mengobati masalah rematik dengan mengonsumsi rebusan daun sambung nyawa secara rutin atau mencampurkannya dengan jahe merah dan sawi langit.

2. Mengatasi Diabetes

   Kandungan hypoglycemin dalam daun sambung nyawa dapat membantu mengatasi diabetes dengan mengonsumsi rebusan daun dewa secara rutin.

3. Meredakan Peradangan

   Daun ini memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus yang dapat meredakan peradangan akibat virus.

4. Mengatasi Kemandulan

   Beberapa penelitian melaporkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa dapat membantu mengatasi kemandulan akibat diabetes dengan meningkatkan jumlah, pergerakan, dan kualitas sperma serta mengurangi persentase sperma yang mati.

5. Mengobati Batuk dan Muntah Darah

Daun dewa dapat membantu mengatasi batuk. Untuk mengatasinya, manfaatkan daun dewa sebagai ramuan. Konsumsi air rebusan daun ini sebanyak tiga kali sehari secara teratur dengan dosis masing-masing setengah gelas. Selain itu, konsumsi daun dewa juga dapat menghentikan pendarahan saat hamil.

BACA JUGA:Tips Memilih Laptop Gaming untuk Kamu Para Gamers Sejati

6. Mengatasi Kejang Demam pada Anak

Pada situasi demam tinggi disertai kejang pada anak, daun sambung nyawa dapat diberikan sebagai penanganan. Caranya adalah dengan menumbuk batang daun dewa dan memberikan ramuan tersebut pada anak yang mengalami kejang.

7. Mengatasi Demam Berdarah Dengue

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) perlu diatasi dengan serius, dan daun dewa dapat memberikan kontribusi dalam penanganan. Pemberian ramuan daun dewa dari air rebusannya dapat dilakukan dua kali sehari pada seseorang yang mengalami DBD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: