Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak, 5 Cara Terapi Wicara Anak di Rumah yang Wajib Moms Coba!

Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak, 5 Cara Terapi Wicara Anak di Rumah yang Wajib Moms Coba!

Cara Terapi Wicara Anak di Rumah-(Foto/UNICEF)-

 

2. Minta dan Tahan Bantuan

 

Jika anak mengalami kesulitan karena belum terbiasa berbicara untuk mendapatkan sesuatu, orang tua dapat mempraktikkan "minta dan tahan bantuan". Contohnya, bantu anak memakai salah satu sepatu, lalu pura-pura sibuk dengan pekerjaan lain.

 

Dengan cara ini, Moms memberi kesempatan pada anak untuk mengungkapkan kebutuhannya sendiri.

 

Ini merupakan latihan yang baik untuk mengajarkan anak berkomunikasi secara mandiri dan tidak selalu bergantung pada orang tua untuk berbicara.

BACA JUGA:Ternyata Ini Pelajaran Di Balik Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Harus Kamu Tahu

 

3. Menggunakan Flashcard

 

Flashcard membantu anak menghubungkan kata dengan benda. Anak dapat mengaitkan gambar yang mereka lihat di kartu dengan kata yang Moms ucapkan untuk menyebut atau mendeskripsikan gambar tersebut.

 

Dengan latihan rutin, anak akan mengembangkan kemampuan untuk mengenali berbagai objek dan mengucapkannya dengan benar. Bermain flashcard adalah cara sederhana untuk mulai membangun kosakata anak balita.

 

4. Membuat Suara Lucu

 

Saat mengenalkan kata baru atau melatih kata yang sulit mereka pahami, orang tua bisa bersikap konyol dan membuat suara lucu untuk membantu mereka memahami kata tersebut dengan lebih baik. Ciptakan suasana yang menyenangkan agar anak menjadi lebih antusias belajar.

 

Misalnya, Moms bisa menirukan suara binatang dengan cara yang dilebih-lebihkan atau membunyikan klakson mobil.

 

Membuat suara lucu adalah cara yang bagus untuk bersenang-senang dengan anak sambil membantu mereka mengembangkan kemampuan bahasa.

 

5. Membaca Bersama Anak

 

Membaca bersama anak merupakan cara lain untuk membangun kosakata dan membantu mereka belajar cara mengucapkan dan melafalkan kata-kata. Melalui cara ini, anak belajar meniru bunyi dan memahami kata-kata sambil mendengarkan orang lain membaca.

 

Saat membacakan buku bergambar, Moms juga bisa menggunakan teknik serupa seperti pada penggunaan flashcard, yaitu meminta anak untuk mengenali objek-objek dalam gambar di buku.

 

Minta anak untuk mengulangi beberapa kata setelah Moms untuk mendorong pelafalan yang benar.

Itulah beberapa cara terapi wicara anak di rumah yang bisa Moms coba di rumah. Semoga membantu!***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: