4 Pekerja Pupuk Tewas saat Bersihkan Tong Produksi Pupuk di Karawang

4 Pekerja Pupuk Tewas saat Bersihkan Tong Produksi Pupuk di Karawang

Empat orang karyawan PT Multidaya Putra Sejahtera (MPS), Dusun Bakanlio RT23/09, Desa Karyasari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang tewas di dalam tong produksi pupuk dan satu kritis.--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Diduga mengalami keracunan gas, empat pekerja pupuk di Rengasdengklok, Kabupaten Karawang tewas, sekitar 08.00 WIB, Selasa (2/7/2024).

Empat orang karyawan PT Multidaya Putra Sejahtera (MPS) yang tewas tersebut bernama, Asep Kohar (51), Marsidi (34), Nana Mulyana (42), Husni Saepul (44) warga Dusun Bakanlio, Desa Karyasari, Kecamatan Rengasdengklok.

Kronologi Kejadian

Berawal dari tiga orang korban membersihkan tong produksi pupuk yang rutin dilakukan jika menerima order produksi. Namun karena masih adanya sisa bahan produksi di dalam tong yang belum sepenuhnya dikeluarkan mengakibatkan kurangnya pasokan oksigen yang diduga mengakibatkan korban pingsan.

BACA JUGA:Tanam 10.000 Mangrove, PT Eigerindo MPI bersama P.U.P.U.K Berkolaborasi dengan Komunitas Lingkungan Hidup CPD

Dikarenakan korban pingsan rekan sesama karyawan yang sebanyak 2 orang ikut membantu korban. Kemudian ikut pingsan di dalam tong/toren karena diduga dan kurangnya pasukan oksigen.

Setelah bisa dievaluasi seluruhnya para korban yang dalam keadaan kritis dibawa ke RS Proklamasi Rengasdengklok dan setelah dilaksanakan penanganan oleh pihak rumah sakit, empat korban meninggal dunia dan satu kritis.

Menurut keterangan saksi Wawan Sutisna panggilan Rico mengatalan, bahwa teman-teman sedang kejadian diketahui saat pada pukul 09.00 WIB, sedang membersihkan toren limbah cair bekas pabrik. 

"Karena bau seperti air got baunya, mungkin karena bekas cairan nitrogen kali, dan dua orang yang kritis ini mau tolong temennya yang sudah pingsan," jelasnya.

BACA JUGA:2 Bocah Hanyut Terbawa Arus saat Bermain dan Berenang di Bantaran Kali Cikarang, Satu Selamat 1 Hilang

Bukan hanya selamat malah jadi korban. Dan empat orang yang meninggal ini yang membersihkan toren. Satu korban lainnya masih kritis di rumah sakit. 

"Iya benar kejadian peristiwa tersebut. Korban yang meninggal dunia di Rumah Sakit Proklamasi," kata Humas Polsek Rengasdengklok, Ipda Suprianto.

Suprianto mengatakan, awalnya ini adalah gudang pupuk dan kronologi lengkap akan diinformasikan lebih lanjut. Pihaknya dan perusahaan masih melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan tersebut. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: