Takut Tidak Betah di Posko Selama KKN? Ikuti 8 Tips Ini yang Bisa Buat Kamu Nyaman

Takut Tidak Betah di Posko Selama KKN? Ikuti 8 Tips Ini yang Bisa Buat Kamu Nyaman

Tips agar betah di posko KKN--picture by kbeonline.id

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa. KKN adalah bentuk pengabdian mahasiwa kepada masyarakat selama kurang lebih 30 hari.

 

Tentu KKN adalah momen yang ditunggu-tunggu bagi semua mahasiswa. Meraka akan berkenalan dengan mahasiswa lainnya di fakultas yang berbeda. Hal ini akan menambah relasi dan pengalaman yang seru.

 

Namun, di sisi lain ada juga yang tidak mau melaksanakan KKN karena alasan lainnya. Entah itu malas mengerjakan proker, sibuk organisasi, atau bahkan takut tidak betah selama KKN berlangsung.

 

Kebijakan KKN setiap kampus pastinya berbeda. Salah satunya, ada yang menerapkan sistem bahwa seluruh mahasiswa pada kelompok desa tertentu diwajibkan untuk selalu berada di posko KKN. Artinya, mereka tidak diperbolehkan pulang atau pulang pergi.

 

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Unsika Berdaya: Menggerakkan Desa Kedungjeruk dengan Kegiatan Senam Bersama

 

Jika peraturan tersebut diterapkan, yang menjadi kekhawatiran mahasiswa adalah tidak nyaman atau betah berada di posko. Untuk itu, yuk simak artikel kali ini untuk mencari tahu bagaimana sih caranya agar kita bisa nyaman di posko KKN hingga program kerja selesai.

 

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu agar bisa betah di posko KKN selama satu bulan:

 

1. Buatlah jadwal dan rencana kegiatan:

Buatlah jadwal harian atau mingguan yang terstruktur untuk kegiatan di posko. Hal ini akan membantu kamu mengatur waktu dengan baik dan menjaga produktivitas

 

2. Bergaul dengan teman-teman:

Jalinlah hubungan baik dengan teman-teman KKN lainnya di posko. Bersosialisasi dan bekerja sama dengan mereka akan membuat suasana lebih menyenangkan dan membuatmu merasa lebih nyaman.

 

3. Libatkan diri dalam kegiatan masyarakat:

Ikutlah dalam kegiatan masyarakat setempat. Terlibat aktif dalam kegiatan seperti gotong royong, pengajian, atau kegiatan sosial lainnya akan membuatmu merasa lebih terikat dengan masyarakat dan lingkungan sekitar.

 

BACA JUGA:Presentasi Sidang Skripsi Hanya Diberi Waktu 20 Menit? Jangan Panik, Lakukan Tips Ini

 

4. Bawa hobi atau aktivitas yang disukai:

Bawa hobi atau aktivitas yang kamu sukai, seperti membaca buku, menulis, atau bermain musik. Hal ini akan membantu mengisi waktu luang dan membuatmu merasa lebih nyaman di posko.

 

5. Jaga kesehatan fisik dan mental:

Penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental selama KKN. Pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup, makan dengan baik, dan tetap aktif secara fisik. Juga, jangan ragu untuk berbicara dengan teman atau pembimbing jika kamu merasa stres atau membutuhkan dukungan.

 

6. Terlibat dalam kegiatan positif:

Ambil bagian dalam kegiatan positif di posko, seperti mengadakan pelatihan atau penyuluhan untuk masyarakat setempat. Ini akan memberikan rasa pencapaian dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

 

BACA JUGA:7 Tips Ampuh Menjawab Pertanyaan Sulit dari Dosen Penguji saat Sidang Skripsi

 

7. Jaga komunikasi dengan keluarga dan teman:

Tetap menjaga komunikasi dengan keluarga dan teman di luar posko. Berbagi pengalaman dan mendapatkan dukungan dari mereka dapat membantu menjaga semangat dan kesejahteraanmu selama KKN.

 

8. Bersyukur dan tetap positif:

Selalu bersyukur atas kesempatan untuk berkontribusi kepada masyarakat dan tetaplah berpikiran positif. Fokus pada tujuan dan manfaat dari KKN akan membantu kamu untuk tetap semangat dan betah di posko.

 

Itulah beberapa tips agar bisa betah di posko selama KKN berlangsung. Tetap jaga komunikasi dan bangun kekeluargaan bersama teman kelompok maupun warga sekitar. Semoga membantu dan bermanfaat ya sobat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: