7 Tradisi 1 Muharam dari Berbagai Daerah di Indonesia. Dari Kirab sampai Pawai Obor

7 Tradisi 1 Muharam dari Berbagai Daerah di Indonesia. Dari Kirab sampai Pawai Obor

Pawa Obor--

Dilaksanakan oleh para abdi dalem, ritual ini menempuh jarak sekitar 7 km yang dimulai dari halaman Keben, kemudian berlanjut ke Jl Kauman, Jl Agus Salim, Jl Wahid Hasyim, pojok benteng barat, Jl MT Haryono, pojok benteng timur, Jl Brigjen Katamso, dan Jl Ibu Ruswo, dan berakhir di alun-alun utara Kota Yogyakarta. Ritual ini menawarkan waktu untuk introspeksi diri dan diikuti oleh banyak warga, baik secara individu maupun berkelompok.

 

7. Pawai Obor

Tradisi perayaan tahun baru Islam yang terakhir adalah pawai obor, yang dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia. Biasanya, warga dari anak-anak hingga orangtua akan berkumpul di lapangan, kemudian melakukan pawai keliling desa atau kampung sambil membawa obor. Selain berjalan, pawai ini juga diramaikan dengan lantunan shalawat yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW.

Perayaan ini tidak hanya menjadi kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan merenungi berbagai kesalahan yang dilakukan selama setahun, tetapi juga untuk mempererat hubungan dengan sesama manusia.

Yuk berlomba lomba mencari kebaikan, Masa mau tutup tahun dengan catatan dosa!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: