Inilah 4 Tips Ampuh Menghidupkan Motor yang Mogok Akibat Menerabas Genangan Banjir

Inilah 4 Tips Ampuh Menghidupkan Motor yang Mogok Akibat Menerabas Genangan Banjir

Tips menghidupkan motor mogok--picture by otomotifnet.gridoto.com

Ada beberapa orang yang ketika banjir di jalan akan terus menerobos tanpa memikirkan keselamatan motor. Mungkin karena buru-buru sehingga mereka menerobos banjir tanpa mencoba mencari jalan yang lain.

 

Akibatnya, motor mereka akan mati atau mogok di tengah genangan banjir. Jika sudah terjadi, maka akan merasa penyesalan. Mungkin kondisi motor mati hanya beberapa menit saja.

 

Namun, tahukah kamu jika ini terus-terusan dilakukan, maka akan membuat motor cepat rusak. Motor yang menerabas genangan air juga akan sulit untuk dinyalakan kembali karena mesin yang terlalu lama tergenang air.

 

BACA JUGA:Viral Video Pemuda yang Motornya Mogok Setelah Melwati Genangan Banjir, Ternyata Ini yang Bikin Mesin Mati

 

Untuk itu, artikel kali ini akan membahas bagaimana tips menyalakan motor yang mogok akibat menerabas genangan banjir. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

 

Untuk menghidupkan motor yang mati karena genangan banjir, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil berdasarkan informasi yang ditemukan:

 

1. Periksa Busi

Buka cap busi beserta businya, lalu bersihkan dan keringkan dengan menggunakan lap atau kain. Pastikan busi dalam keadaan kering sebelum mencoba menghidupkan mesin.

 

2. Hindari Water Hammer

Jika busi dalam keadaan basah, jangan menyalakan mesin karena berisiko terjadinya water hammer. Langkah yang paling tepat adalah mencari bengkel terdekat untuk menguras oli motor dan menggantinya dengan yang baru.

 

BACA JUGA:Sejumlah Titik di Karawang Tergenang Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi, Simak Tips Ini untuk Mencegah Penyakit

 

3. Perhatikan Saringan Udara dan Knalpot

Pastikan saringan udara tidak terkena air, karena jika terdapat banyak air di dalamnya, motor mungkin tidak akan menyala. Knalpot juga perlu dijaga agar tidak terkena air, karena jika air masuk ke dalam knalpot, knalpot tidak dapat membuang gas sisa pembakaran mesin.

 

4. Perhatikan Posisi Dek Tempat Pijakan Kaki

Genangan air tidak boleh melewati dek tempat pijakan kaki pengendara, karena jika air masuk ke dalam CVT, motor bisa mengalami slip. Pastikan untuk tidak memaksa motor melewati genangan air yang melewati batas.

 

BACA JUGA:5 Tips Liburan saat Musim Hujan yang Harus Kamu Tahu, Gak Ada Alasan Lagi Mager Bepergian

 

Dengan memperhatikan langkah-langkah tersebut, Anda dapat mencoba menghidupkan motor yang mati akibat genangan banjir dengan lebih aman dan efektif. Semoga beberapa tips tadi bermanfaat ya sobat. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: