Sejumlah Titik di Karawang Tergenang Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi, Simak Tips Ini untuk Mencegah Penyakit

Sejumlah Titik di Karawang Tergenang Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi, Simak Tips Ini untuk Mencegah Penyakit

Tips cegah penyakit saat banjir--picture by www.rri.co.id

Belakangan ini di berbagai kota di Indonesia tengah diguyur hujan dengan kapasitas tinggi. Salah satunya terjadi di Karawang, Jawa Barat.

 

Kapasitas hujan di Karawang terbilang sangat deras. Ada juga yang disertai angin. Dengan turunnya hujan tersebut, berdampak banjir di berbagai daerah Karawang. Salah satunya dapat ditemui di Desa Cemara Jaya, Kecamatan Cibuaya. Banjir tersebut mengakibatkan 1.800 rumah tergenang air setinggi 50 cm dan 4.500 orang yang mengungungsi.

 

Tak hanya itu, ada di beberapa titik di Karawang juga tergenang banjir akibat curuh hujan yang tinggi. Banjir yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi juga ini pastinya mengganggu akses berkendara, terhalangnya aktivitas, dan banyak lagi.

 

Untuk mencegah penyakit di tengah banjir, berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil:

 

1. Hindari Kontak dengan Air Banjir

Hindari kontak langsung dengan air banjir, karena air banjir sering terkontaminasi dengan kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit kulit dan infeksi.

 

BACA JUGA:Drainase Buruk, Kabupaten Bekasi Kembali Dilanda Banjir

 

2. Jaga Kebersihan dan Kesehatan 

Pastikan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air bersih, terutama setelah terkena air banjir.

 

3. Hindari Genangan Air

Hindari berjalan atau beraktivitas di genangan air, karena air banjir dapat menyembunyikan bahaya seperti lubang atau benda tajam yang dapat menyebabkan cedera.

 

BACA JUGA:Disdukcapil Karawang Berikan Pelayanan Adminduk ke Warga yang Terkena Relokasi Dampak Bencana Banjir Rob

 

4. Pencegahan Gigitan Nyamuk

Gunakan losion atau semprotan anti-nyamuk, serta kenakan pakaian berlengan panjang dan celana panjang untuk mencegah gigitan nyamuk, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

 

5. Perhatikan Kesehatan Masyarakat

Perhatikan kesehatan masyarakat di sekitar Anda, terutama dalam hal penyebaran penyakit menular. Warga yang tinggal di daerah rawan perlu mendapat pelatihan dalam menghadapi terjadinya banjir.

 

BACA JUGA:Destinasi Wisata yang Cocok Dikunjungi saat Musim Hujan, Jadikan Liburanmu Semakin Seru

 

Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan ini, Anda dapat meminimalkan risiko terkena penyakit di tengah banjir yang melanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: