Penting Gak Sih Anak Ikut MPLS? Simak Caranya Dibawah Ini.

Penting Gak Sih Anak Ikut MPLS? Simak Caranya Dibawah Ini.

MPLS SMP--

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Mau masuk sekolah dan jadi murid baru? Kamu wajib ikut MPLS. MPLS adalah kegiatan perkenalan Lingkungan Sekolah, terdiri dari sejumlah rangkaian acara, MPLS wajid dilakukan murid baru untuk lebih dekat dengan sekolah yang akan ditinggali.

Buat para ibu yang anaknya akan sekolah di tempat baru pasti bakal bingung dan dibuat kerepotan dengan adanya kegiatan ini, mengingat bukan hanay anak yang ambil bagian tapi orantua juga ikut serta mempersiapkan alat dan kebutuhan yang akan digunakan anak selama periode MPLS. Jadi buat para ibu yuk siap siap dari sekarang.

Tapi, sebelum membahas lebih jauh, kenalan lebih dekat yuk sama MPLS? Serta apsih tujuannya membuat kegiatan MPLS? Seperti yang sudah dikatakan sebelumya, MPLS adalah singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang dulunya akrab disebut sebagai MOS (Masa Orientasi Siswa). Punya makna dan tujuan yang sama istilah MOS berganti dengan istilah MPLS.

Sesuai dengan Namanya, MPLS adalah kegiatan yang dilakukan di sekolah, dimana pada kegiatan tersebut siswa/siswi yang baru memasuki jenjang Pendidikan baru seperti siswa yang akan naik ke Tingkat SMP dan SMA. Peserta didik akan diajak berkenal dengan sekolah yang akan ia ikuti sampai lulus nanti, Masa pengenalan ni dilakukan baik pada sistim Pendidikan sekolah, aturan serta tata tertib sekola, Eksternal dan internal sekolah dan masih banyak lagi.

Mengapa MPLS Penting Bagi Anak

Mengapa MPLS itu Penting? MPL penting bagi para peserta didik baru karena bertujuan untuk memperkenalkan berbagai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah, mengatahui lebih jauh akan sekolah yang akan ia ttinggali nantinya.

Dengan mengikuti MPLS, anak lebih mudah mendapatkan teman baru, lebih disiplin dan memiliki kedekatan bukan hanya kepada teman tapi juga kepada para tenaga pendidik.

Selain menciptakan pertemanan antar anak, MPLS juga penting karena program ini membantu mengurasi rasa cemas pada diri siswa. Saat bertemu dengan teman baru, umunya anak akan merasakan rasa cemas untuk beradaptasi dengan teman dan lingkungan baru. Dengan kegiatan MPLS maka rasa cems itu perlahan akan berkurang.

Bagaimana Dengan Anak yang Tidak Mengikuti MPLS?

Bagaimana dengan anak yang tidak mengikuti MPLS? Peserta didik boleh untu tidak mengikuti MPLS karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk sang anak melangsungkan kegiatan. Misalnya seperti, Sakit, Cacat Fisik dan sejumlah kondisi lainnya. MPLS menumbuhkan keakraban antar peserta didik hingga menciptakan ikan teman saat ia mulai memasuki masa pembelajaran dimulai. Lain halnya dengan anak yang tidak ikut MPLS ia harus berusaha mencari teman saat masa sekolah dimulai.

MPLS juga membantu siswa agar tidak kebingungan ketika memasuki lingkungan yang belum dikenal. Dengan mengenal guru, staf sekolah, teman sekelas, dan fasilitas sekolah, siswa dapat merasa lebih nyaman dan aman. Sehingga anak bisa lebih siap untuk memulai proses belajar mengajar.

Bukan hanya membangun mental anak, MPLS juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk memahami tanggung jawab dalam menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan sekolah.

Hal ini penting agar siswa bisa menciptakan suasana belajar yang kondusif dan mendukung prestasi akademik dan perkembangan pribadi siswa. Sehingga bisa dikatakan jika MPLS merupakan fondasi penting anak, Karena :

  • Mengenal aturan dan fasilitas yang ada
  • Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah
  • Meciptakan keakraban dan menjalin pertemanan antar anak. Sehingga siswa bisa belajar dengan efektif dan mencapai prestasi terbaik.

Itulah informasi mengenai masa pengenalan lingkungan sekolah yang bisa kamu ketahui. Jika kamu menemukan kegiatan MPLS yang tidak sesuai aturan, ada baiknya untuk segera melaporkan kepada pihak sekolah

     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: