Pertama Kali Jadi Anak Kos? Lakukan 5 Hal Penting Ini agar Kamu Nyaman dan Mandiri

Pertama Kali Jadi  Anak Kos? Lakukan 5 Hal Penting Ini agar Kamu Nyaman dan Mandiri

Pertama kali jadi anak kos--picture by www.alodokter.com

Pertama kali menjadi anak kos adalah suatu hal yang tidak mudah. Perlu adaptasi yang lama agar kamu mulai terbiasa dengan kondisi lingkungan, teman, bahkan dengan pemilik kosnya. 

Selain itu, kamu juga perlu memahami kultur atau kebiasaan yang harus diikuti selama ngekos. Terkadang ada beberapa pemilik kos yang menganggap kita sebagai anaknya sehingga banyak peraturan yang harus kita ikuti, salah satunya perihal jam buka-tutup gerbang. 

Di samping itu, ada juga kosan yang "bebas". Bebas dalam arti tidak adanya peraturan yang begitu ketat dan tidak dipantau langsung oleh pemilik kos. 

Lantas, bagi kamu yang baru pertama kali menjadi anak kos haru melakukan apa sih? Yuk kita simak pembahasan selengkapnya di bawah ini. 

BACA JUGA:Anak Kos Wajib Tahu, Inilah Rekomendasi Stok Makanan yang Harus Kamu Sediakan

Saat pertama kali menjadi anak kos, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan diri:

1. Pemilihan Tempat Tinggal

Saat memilih tempat tinggal, seperti kos-kosan, pastikan untuk memperhatikan lokasi yang strategis dan fasilitas yang disediakan, seperti lahan parkir jika membawa kendaraan.

2. Perencanaan Keuangan

Mulailah merencanakan pengeluaran bulanan dan belajar untuk mandiri dalam mengatur keuangan. Hal ini meliputi memasak, mencuci pakaian sendiri, dan belajar untuk hidup hemat.

BACA JUGA:Inilah Kelebihan dan Kekurangan Bayar Kos Bulanan dan Tahunan, Baca Ini sebelum Menyesal

3. Persiapan Barang-barang Penting

Pastikan untuk membawa barang-barang penting seperti gantungan baju, label nama pada barang-barang pribadi, dan perlengkapan kamar lainnya untuk membuat lingkungan kosan menjadi senyaman mungkin.

4. Menjaga Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: