UPTD BLK Disnakertrans Karawang Sukses Cetak SDM Unggul, Ratusan Lulusan Langsung Diserap Perusahaan

UPTD BLK Disnakertrans Karawang Sukses Cetak SDM Unggul, Ratusan Lulusan Langsung Diserap Perusahaan

Disnakertrans Karawang membuka pelatihan UPTD BLK Karawang APBD ll sekaligus menutup kegiatan pelatihan APBN ll di Aula Disnakertrans Karawang, Kamis, (25/7) kemarin. --karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang membuka pelatihan UPTD BLK Karawang dari APBD ll tahun 2024 sekaligus menutup pelatihan APBN ll tahun 2024 di Aula Kantor Disnakertrans Karawang. Kamis, (25/7) kemarin. 

Pada pelatihan APBD ll tahun ini, Disnakertrans Karawang membuka sepuluh jurusan dengan jumlah peserta mencapai 160 orang yang terbagi dalam kelas Teknik Elektronika, Teknik Las, Teknik Listrik, Teknologi Informasi dan Komputet, Bisnis dan Management, Barista, Otomotif, Kecantikan, Operator Forklift, dan Garmen. 

Sementara, yang sudah menyelesaikan pelatihan dari APBN ll sebanyak 112 orang yang terbagi menjadi tujuh jurusan diantaranya, Barista, Servis AC, Bisnis dan Management, Teknik Komputer, Garmen, Teknik Elektro, dan Teknik Las. 

Kepala Disnakertrans Karawang Rosmalia Dewi mengatakan, UPTD BLK Karawang terus mencetak SDM unggul di semua bidang. Selain sudah terlatih dan dibekali sertifikasi keahlian, lulusan pelatihan BLK Karawang juga bisa langsung terserap oleh perusahaan yang sudah bekerjasama dengan Disnakertrans Karawang. 

BACA JUGA:Pelaku UMKM Dibekali Ilmu Management Keuangan, Dinkop UKM Karawang Cetak Wirausaha Unggul

BACA JUGA:Selesaikan dengan Restorative Justice, Tukang Becak Tersangka Kasus Penadahan Motor Dibebaskan

"Alhamdulilah, selain mempersiapkan angkatan kerja. Program BLK ini juga mencetak calon-calon wirausahawan. Dari ratusan peserta ini, setidaknya 30 persen siap untuk memulai menjadi wirausaha. Ada yang mau buka salon, kedai kopi, ada juga yang mulai usaha servis AC," ungkap Rosmalia Dewi kepada KBE, Kamis, (25/7) di Karawang. 

Selain membuka dan menutup kegiatan pelatihan yang berbeda, Disnakertrans Karawang juga meluncurkan program sertifikasi pelatihan operator forklift. Dimana, pada angkatan pertama ini sudah ada 800 peserta yang mendaftar untuk ikut pelatihan tersebut. 

"Ternyata peminatnya sangat banyak ya, jadi kami sedang berupaya untuk menambahkan unit forklift ini. Mudah-mudahan dengan alat pelatihan yang representatif kita bisa mencetak calon-calon operator forklift yang handal dan dibutuhkan oleh perusahaan," harapnya. 

Selain itu, Disnakertrans Karawang juga menggelar penyuluhan persiapan masuk dunia kerja. Dimana, pada program ini lulusan BLK diberikan bekal untuk menghadapi persaingan di dunia kerja. "Karena tidak cukup hanya bermodal lulusan BLK saja untuk bersaing di dunia industri tetap butuh skill, attitude yang baik, juga persiapan yang matang dalam menghadapi tes di perusahaan," kata Rosmalia. 

BACA JUGA:BPJS Ketenagakerjaan Karawang-PT Pos Indonesia KCU Serahkan Santunan Kematian Rp126 Juta untuk 3 Ahli Waris

BACA JUGA:Kode Redeem FF Hari Ini 25 Juli 2024, Ada Skin hingga Diamond Terbaru, Yuk Buruan!

"Oleh sebab itu, kami tidak hanya membekali mereka dengan skill. Tapi juga motivasi, attitudenya kita perbaiki, sehingga saat diseleksi nanti lulusan BLK Karawang akan bersaing dengan maksimal," imbuhnya. 

Masih kata Rosmalia, semua masyarakat Karawang berhak untuk mendapatkan akses pelatihan ini. Hanya saja, karena kuota pelatihannya terbatas. Pihaknya mengutamakan peserta yang mendaftarkan via aplikasi info loker online. "Karena yang bisa mendaftar via info loker hanya orang Karawang, jadi sudah pasti peserta pelatihan ini semuanya warga Karawang," pungkasnya. (wyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: