Lakukan 4 Langkah Ini untuk Membuat Bakso Bisa Awet dan Tahan Lama

Lakukan 4 Langkah Ini untuk Membuat Bakso Bisa Awet dan Tahan Lama

Tips agar bakso bisa tahan lama--picture by lifestyle.okezone.com

Bakso adalah salah satu makanan favorit di Indonesia. Kita akan banyak menemukan berbagai pedagang bakso di jalanan, mulai dari kaki lima hingga ruko-ruko besar. 

Setiap penjual bakso pastinya memiliki cita rasa yang berbeda. Maka dari itu, pelanggannya pun pasti berbeda. Tahukah kamu, bahwa bakso merupakan salah satu makanan yang bisa diawetkan? 

Dalam hal ini, bakso bisa disimpan dalam beberapa hari atau tidak cepat basi. Kita juga pernah lihat stok makanan yang di dalam kulkas pasti ada bakso, sosis, naget, dan lain-lain. 

Namun, untuk menjaga keawetan atau tahan lama pada bakso, kamu perlu memerhatikan beberapa hal. Penasaran kan, yuk simak penjelasannya di bawah ini. 

BACA JUGA:Mudah Banget, Ternyata Ini Cara Membuat Kuah Bakso yang Gurih dan Nikmat

Untuk membuat bakso bisa awet dan tahan lama, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

1. Dinginkan Terlebih Dahulu

   - Setelah bakso dibentuk dan dimasak hingga matang, dinginkan terlebih dahulu sebelum menyimpannya. Mengemas langsung bakso yang masih panas bisa membuatnya cepat berlendir dan basi di dalam wadah.

2. Simpan dalam Wadah Kedap Udara

   - Simpan bakso dalam wadah plastik atau kotak makanan yang kedap udara. Hal ini dapat membantu menjaga kualitas bakso agar tetap awet dan tahan lama hingga berbulan-bulan.

BACA JUGA:Jangan Salah, Inilah Cara Memilih Daging yang Tepat untuk Diolah Menjadi Bakso

3. Simpan di Freezer

   - Untuk penyimpanan jangka panjang, bakso dapat disimpan di freezer. Dengan cara penyimpanan yang tepat, bakso bisa bertahan hingga satu bulan.

4. Pastikan Bakso dalam Suhu Ruangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: