Hindari Konsumsi Ini! Makanan Penyebab Jerawat di Dahi, Salah Satunya Makanan Manis

Hindari Konsumsi Ini! Makanan Penyebab Jerawat di Dahi, Salah Satunya Makanan Manis

Makanan Penyebab Jerawat di Dahi-(Foto/Freepik)-

 

Makanan Berlemak dan Berminyak

 

Makanan cepat saji, makanan yang digoreng, dan makanan olahan seringkali tinggi lemak jenuh dan lemak trans. Konsumsi makanan berlemak dan berminyak ini dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum yang kemudian menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

 

Karbohidrat Olahan

 

Jika kamu sering mengonsumsi karbohidrat olahan seperti roti, pasta, sereal, kue, atau biskuit, hati-hati karena makanan ini bisa menyebabkan jerawat di dahi.

 

Karbohidrat olahan biasanya memiliki indeks glikemik tinggi yang bisa menyebabkan lonjakan cepat kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah ini dapat memicu peningkatan produksi insulin.

 

Kadar insulin yang tinggi akan merangsang kelenjar minyak di kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum (minyak). Sebum yang berlebihan ini dapat menyumbat pori-pori dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab jerawat.

BACA JUGA:Aman untuk Acne Prone, Berikut Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat

 

Makanan Cepat Saji

 

Makanan cepat saji sering kali digoreng atau dimasak dengan banyak minyak, yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

 

Lemak jenuh dan lemak trans ini dapat meningkatkan produksi sebum di kulit. Sebum yang berlebihan akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

 

Jadi, untuk menjaga kulit wajah tetap sehat, sebaiknya hindari makanan cepat saji seperti gorengan, daging olahan, minuman bersoda, minuman manis dalam kemasan, serta dessert.

 

Cara Mengatasi Jerawat di Dahi

 

Rutin Membersihkan Wajah

 

Untuk mengatasi jerawat di dahi, pastikan kamu rutin membersihkan wajah menggunakan produk pembersih yang lembut. Disarankan menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat untuk menjaga kulit tetap bersih dan mencegah pori-pori tersumbat.

 

Jangan Memencet Jerawat

 

Meski terlihat efektif, memencet jerawat dapat membuat kulit iritasi dan memperparah kondisi jerawat. Hindari menyentuh atau memencet jerawat di dahi agar tidak meninggalkan bekas luka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: