Hari Jadi Karawang 391 Jadi Ajang Promosi UMKM, Bidik Omzet Hingga Ratusan Juta Rupiah

Hari Jadi Karawang 391 Jadi Ajang Promosi UMKM, Bidik Omzet Hingga Ratusan Juta Rupiah

Bupati Karawang, H Aep Syaepulloh bersama Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menghadiri Festival UMKM di perayaan Harkopnas Jawa Barat yang berlangsung di Karawang beberapa bulan lalu. -KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID – Rangkaian perayaan Hari Jadi Kabupaten Karawang ke 391 tahun bakal menjadi momen bagi para pelaku UMKM untuk unjuk gigi. Selain mempromosikan produknya ke khalayak ramai, Perayaan Hari Jadi Karawang ke 391 ini juga menjadi ajang bagi pelaku UMKM untuk meraih omzet sebsar-besarnya. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang Dindin Rachmadhy mengungkapkan, selama perayaan Hari Jadi Karawang para pelaku UMKM di Karawang dipastikan akan sibuk mengisi stand bazzar dan pameran. Sebab, sudah masuk ke dalam rangkaian agenda-agenda besar yang membutuhkan para pelaku UMKM Karawang di dalamnya. 

Dindin mengatakan, setidaknya ada empat moment besar yang bisa dimaksimalkan para pelaku UMKM pada moment Hari Jadi Karawang tahun ini. Pertama yang menjadi hajat besar para pelaku UMKM adalah Pekan Raya Karawang yang bakal berlangsung selama tiga hari dari tanggal 12 hingga 14 September 2024. Kemudian ada juga agenda Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang bakal dihadiri oleh ribuan orang di Lapangan Al Azhar Galuh Mas Karawang. Tak ketinggalan juga program pemecahan rekor muri 1.391 tumpeng yang akan berlangsung pada tanggal 14 September 2024. Dan yang terakhirt adalah pesta rakyat yang akan dimeriahkan Band Wali pada penutupan rangkaian yang akan berlangsung tanggal 21 September 2024 mendatang.

BACA JUGA:Hari Jadi Karawang 391 Jadi Ajang Promosi UMKM, Bidik Omzet Hingga Ratusan Juta Rupiah

BACA JUGA:Paslon Bupati dan Wabup Karawang Ajam-Gina Lolos Tes Kesehatan, Siap Berkontestasi di Pilkada Karawang 2024

“Kami menjadikan momen Hari Jadi Karawang ini sebagai ajang promosi produk-produk UMKM terbaik. Sekaligus menjadi ajang bagi para pelaku UMKM meraih omzet sebanyak-banyaknya. Target kami ratusan pelaku UMKM akan terlibat dan mudah-mudahan perputaran omzet disana mencapai ratusan juta rupiah,” ujar Dindin, saat diwawancarai KBE, Senin, (2/9) kemarin. 

Dindin menjelaskan, rangkaian kesibukan pelaku UMKM di Karawang akan dimulai pada pelaksanaan Pekan Raya Karawang. Disana, ditargetkan ada ratusan produk UMKM yang dipamerkan dari Kodim Karawang, Rumah Galeri Nyi Pagar Asih, hingga ke Taman I LOVE KARAWANG.

“Di Pekan Raya Karawang tidak hanya menampilkan produk UMKM saja, tapi juga akan di isi oleh banyak kegiatan menarik. Kami bekerjasama dengan Bagian Kesra Pemkab Karawang dan Disparbud sebagai pengisi acaranya,” ujar Dindin. 

Pekan Raya Karawang, kata dia, akan menampilkan produk-produk UMKM hasil kurasi. Sebab, jumlah pelaku UMKM di Karawang sangat banyak dan dipastikan yang masuk ke dalam event tersebut adalah produk terbaik yang sudah terseleksi. Selain itu, pihaknya juga menggandeng UKM yang sedang berkembang termasuk produk-produk besar industry.

BACA JUGA:Serapan Tenaga Kerja Difabel di Karawang Tinggi: Dari Swasta Hingga Pemda

BACA JUGA:Pedulikan Petambak di Pesisir, Bupati Aep Perjuangkan Ribuan Ton Pupuk Subsidi ke Pusat

“Kami juga menggelar acara Jelajah Bisnis, tujuannya untuk mempertemukan pelaku UMKM dengan pasar potensial mereka. Sehingga diharapkan peserta UMKM disana bisa naik kelas,” ujarnya. 

Selain itu, untuk memudahkan promosi acara ini Dinkop UKM Karawang telah bekerjasama dengan Diskominfo untuk menyediakan sarana Wifi gratis selama acara berlangsung. Tak hanya itu, pihaknya juga menggandeng Komite Ekraf untuk membuat konten-konten yang menarik sebagai bagian dari mempromosikan UMKM terbaik di Karawang.

“Kami berharap UMKM bisa berkontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian khususnya di akar rumput. Momen Hari Jadi Karawang ini harus bisa menjadi wadah bagi semua pelaku UMKM untuk meraih potensi terbaiknya,” harapnya. (wyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: