Jangan Sampai Tagihan Membengkak, Lakukan Cara Ini Untuk Melunasi Pinjol Supaya Gak telat Bayar

Jangan Sampai Tagihan Membengkak, Lakukan Cara Ini Untuk Melunasi Pinjol Supaya Gak telat Bayar

tips tidak terjerat pinjol--picture by www.cnbcindonesia.com

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Pinjol jadi jalan keluar bagi orang orang yang butuh uang dalam waktu Cepat. Karenanya, pinjol selayaknya jadi trend yang semakin populer. Meski begitu, masih  banyak orang belum memahami cara melunasi pinjaman ini dengan benar. Salah salah pinjam bukan jadi hal menguntunkan tapi justru merugikan.  

Jika kam uminjam uang lewat pinjol, satu satunya hal yang harus kamu tekankan adalah dengan melunsinya tepat waktu, agar tagihan tidak membengkang seiiring waktu keterlambatan kamu membayar hutang. Melunasi pinjaman online dengan tepat sangat penting untuk menghindari penumpukan bunga dan denda yang bisa menyebabkan masalah keuangan.

BACA JUGA:Mata Sering Bengkak Ternyata Ini Lho Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Perlu diketahui!

Mitra pinjol sering menawarkan dana pinjaman dengan nominal besar dan cair dalam waktu yang cepat. Namun, bunga yang tinggi dan persyaratan pembayaran yang ketat dapat membuat utang terasa sangat membebani.

Jadi sebelum memutuskan untuk meminjam secara online, sebaiknya pahami cara melunasi pinjaman dengan benar dan tidak terlambat melunasinya. Yuk, simak informasi berikut ini.

Cara Melunasi Pinjol Tepat Waktu

Berikut cara melunasi pinjol agar keuangan membaik.

1.     1. Mencatat Jumlah Pemasukan dan Pengeluaran

      Langkah pertama dalam melunasi pinjol adalah dengan secara rutin dan konsisten menganalisis pemasukan dan pengeluaran. Kamu bisa mencatat keuangan di buku catatan, menggunakan tabel Excel, atau memanfaatkan aplikasi keuangan. Dari catatan tersebut, alokasikan sebagian dari pendapatan, misalnya sekitar 25% hingga 35%, khusus untuk melunasi pinjaman online.

      2. Buat Anggaran rutin
Selain memeriksa pemasukan dan pengeluaran, Kamu juga perlu menyusun anggaran yang lebih ketat. Batasi pengeluaran rutin dan pastikan sebagian uang digunakan untuk membayar pinjaman online. Sesuaikan pengeluaran dengan anggaran yang telah dibuat untuk mengelola keuangan dengan lebih baik.

3.   3. Tingkatkan Pemasukan Ketimbang Pengeluaran

      Cara berikutnya untuk melunasi pinjol adalah dengan meningkatkan pemasukan. Selain mengatur pengeluaran, carilah cara untuk menambah penghasilan, seperti mengambil pekerjaan sampingan, menjual barang yang tidak terpakai, atau mencari peluang lain yang bisa meningkatkan pemasukan.

.     BACA JUGA:Mata Sering Bengkak Ternyata Ini Lho Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Perlu diketahui!

      Usahakan, sebelum meminjam lewat pinjol kamu mendapat pemasukan rutin, agar kamu bisa menyicil pelunasan secara bertahap.

      4. Jangan Meminjam Lagi Sebelum Melunasi Pinjaman Sebelumnya

      Salah satu cara untuk melunasi pinjol adalah dengan menghindari praktik "gali lubang tutup lubang," yaitu jangan mengambil pinjaman baru hanya untuk membayar pinjaman yang sudah jatuh tempo. Karena cara Ini hanya akan menambah hutangmu semakin berat.

      5. Manfaatkan Dana Darurat

      Jika kamu mempunyai dana darurat yang telah lama disimpan. Gunakan uang tersebut untuk membayar pelunasan pinjol mengingat kondisi ini cukup darurat. Cara ini setidaknya bisa membantumu menghindari penambahan bunga dan biaya keterlambatan yang mungkin saja timbul.

u    6. Lunasi Pinjaman dengan Pinjol Berbunga Tinggi

      Langkah berikutnya adalah membayar utang dengan bunga tinggi terlebih dahulu. Cara ini dilakukan jika kamu melakukan peminjaman ke sejumlah mitra pinjol berbeda. Dengan cara ini, Kamu dapat menghemat biaya bunga di masa depan, dan utang dengan bunga lebih rendah akan terasa lebih mudah untuk dilunasi.

     7. Restrukturisasi Pinjaman Pada Mitra Pinjol Terkait

      Diskusikan dengan pemberi pinjaman tentang kemungkinan perpanjangan atau restrukturisasi pinjaman. Beberapa perusahaan pinjol mungkin bersedia untuk menyesuaikan jadwal pembayaran atau memberikan waktu tambahan, sehingga kamu bisa membayar utang dengan lebih ringan.

      8. Lunasi Pinjaman seuai dengan kesepakatan

      Langkah terakhir adalah disiplin dalam melakukan pembayaran pinjaman. Hindari godaan untuk mengambil pinjaman tambahan atau membelanjakan uang secara impulsif. Dengan mengikuti delapan langkah ini, Kamu diharapkan dapat mengelola dan melunasi pinjol dengan lebih efektif. Semoga informasi ini bermanfaat!

       BACA JUGA:Tips Mudah Mengolah Hati Ayam Anti Bau Anyir yang Harus Kamu Tahu

Semoga car aini bisa membantumu melunasi pinjamanmu ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: