Dijamin Ampuh! Begini Cara Redakan Gusi Bengkak dengan Air Garam

Dijamin Ampuh! Begini Cara Redakan Gusi Bengkak dengan Air Garam

Cara Meredakan Gusi Bengkak dengan Air Garam-(Pixabay/Engin_Akyurt)-

Gingivitis adalah kondisi peradangan pada gusi yang terjadi ketika kebersihan mulut terabaikan. Akumulasi sisa makanan di antara gigi dan gusi dapat memicu pertumbuhan mikroorganisme yang merupakan penyebab gingivitis.

 

Defisiensi vitamin

 

Defisiensi vitamin C dapat memicu sariawan, yang tidak hanya mempengaruhi gusi tetapi juga dapat menyebabkan pembengkakan pada lidah atau bibir.

 

Konsumsi obat tertentu

 

Beberapa jenis obat tertentu, seperti antiepilepsi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal, dan penghambat saluran kalsium, memiliki efek samping berupa pembengkakan gusi.

 

Penggunaan kawat gigi dan gigi palsu

 

Pemasangan kawat gigi atau gigi palsu juga dapat menyebabkan pembengkakan gusi pada awalnya karena gusi bersentuhan dengan plat gigi palsu atau kawat gigi. Namun, ini biasanya bersifat sementara karena rongga mulut akan beradaptasi dengan perangkat tersebut.

BACA JUGA:Pecinta Pedas Harus Tahu, Inilah Resep Hati Ayam Rica-rica Jeletot

Cara Redakan Gusi Bengkak dengan Air Garam

Berkumur dengan larutan air garam dapat membantu meredakan gusi bengkak. Garam mengandung mineral yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri di mulut dan gusi, yang sering menjadi penyebab gusi bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak dengan air garam cukup mudah. Kamu perlu mencampur 1 sendok teh garam dengan 240 ml air hangat, aduk hingga tercampur rata, dan berkumur selama 30 detik sebelum meludahkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: