5 Tips Mengolah Cumi agar Bersih dan Tidak Bau Anyir: Suatu Langkah agar Masakanmu Semakin Lezat

5 Tips Mengolah Cumi agar Bersih dan Tidak Bau Anyir: Suatu Langkah agar Masakanmu Semakin Lezat

tips mengolah cumi--picture by sajiansedap.grid.id

cumi-cumi adalah hewan laut yang termasuk dalam kelompok sefalopoda, yang juga dikenal sebagai moluska. Nama "sefalopoda" berasal dari bahasa Yunani yang berarti "kaki kepala", merujuk pada struktur tubuhnya di mana kaki dan kepala terintegrasi. Cumi-cumi memiliki ciri khas berupa tubuh yang panjang dan ramping, serta tentakel yang mengelilingi mulutnya.

Cumi-cumi juga merupakan sumber protein yang baik dan banyak digunakan dalam berbagai masakan, terutama di Indonesia, di mana mereka diolah menjadi berbagai hidangan lezat seperti cumi bakar, cumi saus padang, dan banyak lagi.

BACA JUGA:Bagus Untuk Jantung, Ini Manfaat Makan Cumi-cumi Bagi Kesehatan

Artikel ini akan memberikan beberapa tips untuk mengolah cumi agar bersih dan tidak bau anyir ketika dijadikan olahan makanan.

Tips Mengolah Cumi Agar Bersih dan Tidak Bau Anyir

Mengolah cumi dengan benar sangat penting untuk menghindari bau amis dan memastikan cita rasa yang lezat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

1. Pembersihan Awal

Setelah membeli cumi, segera bersihkan dengan air mengalir. Buang bagian kepala dan tinta yang ada di dalam tubuh cumi. Pastikan untuk menggosok permukaan cumi agar kotoran dan lendir yang menempel hilang.

BACA JUGA:Viral Mie Cumi Laut Pedas Rosa Meldianti, Inilah Resep Ala Rumahan yang Bisa Kamu Coba

2. Menghilangkan Bau Amis

Untuk mengurangi bau amis, lumuri cumi dengan perasan jeruk nipis, air asam jawa, atau cuka. Diamkan selama sekitar 10-15 menit, kemudian bilas kembali dengan air bersih.

3. Menggunakan Jahe

Anda juga bisa menambahkan irisan jahe saat melumuri cumi. Jahe tidak hanya membantu menghilangkan bau amis, tetapi juga memberikan aroma yang lebih segar pada masakan.

4. Rebus Sebentar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: