KPU Kabupaten Bekasi Tetapkan DPT untuk Pilkada 2024 Sebanyak 2.251.856

KPU Kabupaten Bekasi Tetapkan DPT untuk Pilkada 2024 Sebanyak 2.251.856

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi telah menetapkan sebanyak 2.251.856 pemilih pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Kabupaten Bekasi.-Cikarang Ekspres-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi telah menetapkan sebanyak 2.251.856 pemilih pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setentak 2024 nanti.

Penetapan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Kabupaten Bekasi 2024 itu dilakukan oleh KPU melalui rapat pleno. Rapat pleno tersebut turut dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Barat yang berlangsung di Hotel Harper, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Rido mengatakan kegiatan rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kabupaten Bekasi telah dilakukan pihaknya dimana diikuti oleh seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 23 Kecamatan se-Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA:Pansus I Percepat Pembahasan Tata Tertib Dewan, Target Selesai Tepat Waktu!

"Hari ini 19 September 2024 merupakan ending dimana hari ini Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kabupaten telah kami tetapkan sebanyak 2.251.856 pemilih sesuai dengan jadwal yang sudah di tuangkan oleh KPU RI. Ketua KPU Provinsi Jawa Barat pun turut hadir dalam rapat pleno penetapan DPT Pilkada 2024 di Kabupaten Bekasi," tutur Ali Rido kepada Karawang Bekasi Ekspress pada Kamis (19/09).

Ali Rido menuturkan adapun jumlah pada keseluruhan DPT dimana total sebanyak 2.251.856 itu, terdiri dari laki-laki sebanyak 1.124.775 dan perempuan 1.127.081. Jutaan ribu DPT untuk Pilkada 2024 itu tersebar pada 4.206 Tempat Pemilihan Suara (TPS) di 23 Kecamatan pada 187 Desa di Kabupaten Bekasi.

"Sampai saat ini sebanyak 2.251.856, daftar pemilih tersebut yang tersebar di 23 Kecamatan pada 187 Desa se-Kabupaten Bekasi itu terdiri dari pemilih laki-laki 1.124.775 dan pemilih perempuan 1.127.081 tersebar di 4.206 Tempat Pemilihan Suara (TPS) pada 23 Kecamatan se-Kabupaten Bekasi " kata dia.

BACA JUGA:Jelang Penetapan Paslon, Haji Aep Didoakan Rois Syuriah PWNU Jabar

Terjadi Perubahan Daftar Pemilih 

Meskipun demikian, penetapan DPT untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Bekasi telah tuntas, Ali Rido mengungkapkan pada sebelumnya kala Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menyelesaikan pelaksanaan pada rapat pleno pada proses pendataan saat tahapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) pihaknya menemukan adanya perubahan pada sejumlah daftar pemilih dimaksud. 

"Pertama, pada saat itu ditemukan adanya perubahan dan perbedaan pada daftar pemilih yang dilatarbelakangi adanya perubahan pada daftar pemilih tersebut hasil pendataan dari proses pelaksanaan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada waktu temen-temen PPK melakukan pleno kemarin dan setelah kembali dilakukan pleno pada rapat pleno Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) terlihat dan ditemukan adanya perbedaan," kata dia.

"Oleh karena itu hal ini juga yang menjadi dasar atau rujukan bagi kita KPU Kabupaten Bekasi untuk melaksanakan penetapan DPT. Adapun sejumlah perubahan didasari dari daftar pemilih pada DPS dimana terjadi perpindahan yakni pemilih dari Bekasi kemudian pindah ke daerah lain diluar Provinsi Jawa Barat," sambungnya. 

BACA JUGA:Muncul Fenomena Semburan Air Hitam di Sungai Citarum: DLH Karawang Bersurat ke BMKG

Lebih lanjut, kata Ali sebaliknya ada pula pemilih yang tercatat dari luar Kabupaten Bekasi dan masuk menjadi daftar pemilih di Kabupaten Bekasi. Dengan artian masuk dalam cakupan Provinsi yang sama dan hal tersebut menjadi catatan pihaknya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: