Kapan Peringatan Hari Guru? Ternyata Ada Dua Versi lho!

Kapan Peringatan Hari Guru? Ternyata Ada Dua Versi lho!

Kapan Peringatan Hari Guru?-(Pixabay/14995841)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Kapan perayan Hari Guru 2024? Ternyata hari Guru diperingati pada dua tanggal yang berbeda lho!

Tanggal tersebut yaitu 5 Oktober dan 25 November. Tanggal 5 Oktober dirayakan sebagai Hari Guru Sedunia (World Teachers' Day), sementara 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional di Indonesia.

Meskipun keduanya merupakan peringatan Hari Guru, keduanya memiliki makna dan latar belakang yang berbeda.

BACA JUGA:Banyak Orang Terjerat Pinjol hingga Paylater: Inilah 5 Perilaku Konsumtif yang Berlebihan

Hari Guru Sedunia  

Hari Guru Sedunia diprakarsai oleh UNESCO, lembaga di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bergerak di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan. Pada 5 Oktober, kita memperingati hari disahkannya rekomendasi International Labour Organization (ILO) dan UNESCO pada tahun 1966 mengenai Status Guru.

Rekomendasi ini mencakup standar profesional bagi guru, hak dan tanggung jawab mereka, serta kondisi pengajaran yang ideal.

Meski rekomendasi ini diterapkan pada tahun 1966, Hari Guru Sedunia telah dirayakan secara global sejak tahun 1994.

UNESCO mengajak dunia untuk memperingati kontribusi guru dan mendukung pengembangan mereka agar profesi ini tetap dihormati di seluruh dunia.

Tema Hari Guru Sedunia 2024 adalah "Menghargai Suara Guru: Menuju Kontrak Sosial Baru untuk Pendidikan," yang mengajak seluruh dunia untuk mempertimbangkan pandangan guru dalam merumuskan kebijakan pendidikan. Acara global juga akan diadakan di markas besar UNESCO di Paris.

Pada kesempatan ini, UNESCO akan merilis laporan global terbaru mengenai guru, yang mencatat bahwa dunia menghadapi masalah kekurangan guru di tengah menurunnya kondisi kerja mereka.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terlilit Utang, Inilah Tips agar Tidak Tergiur dengan Paylater

Hari Guru Nasional  

Hari Guru Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 25 November, yang bertepatan dengan hari berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tahun 1945.

Sejarah Hari Guru Nasional bermula dari tahun 1912 dengan didirikannya Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB), yang anggotanya terdiri dari kepala sekolah, guru desa, dan perangkat sekolah lainnya.

Pada tahun 1932, PGHB berubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI), meskipun saat itu nama "Indonesia" dianggap ancaman oleh Belanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: