Hal Hal yang Perlu Kanu Tanyakan dan Persiapkan Saat Ingin Ganti Jurusan

Hal Hal yang Perlu Kanu Tanyakan dan Persiapkan Saat Ingin Ganti Jurusan

Ilunstrasi Wisuda-BP Guide-BP Guide

 

Tidak semua pihak kampus meperbolehkan peserta didiknya untuk ganti jurusan. Salah satu jalan terbaik adlah pindah kampus bahkan mengulang tes masuk perkuliahan. Itupun belum tentu bisa dipastikan kamu akan lolos. Jadi apakah kamu mau mengulanginya?

 

Hal yang Perlu dipersiapkan Jika Kamu Memutuskan pindah Jurusan

 

Pindah jurusan adalah keputusan hidup yang memiliki risiko. Jadi, Pastikan kamu benar-benar yakin bahwa pindah jurusan adalah pilihan yang ingin kamu ambil

 

Belum tentu kamu akan merasa lebih nyaman di jurusan baru. Siapkan diri untuk menghadapi risiko yang mungkin muncul, seperti biaya tambahan yang harus dikeluarkan dan kemungkinan harus memulai dari awal, yang bisa membuatmu terlambat lulus dibandingkan teman-temanmu sebelumnya, Grameds.

 

Setelah kamu mantap dengan keputusanmu, bicarakan baik-baik dengan orang tua. Jelaskan alasan di balik keinginanmu untuk memulai dari awal, dan yakinkan mereka tentang pilihan ini.

 

Jika mendapatkan izin, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin pindah jurusan di universitas yang sama, Grameds:

 

-          Tentukan dengan jelas jurusan baru yang ingin kamu pilih.

 

-          Temui student advisor dan mintalah bantuan mereka untuk mengurus segala keperluan pemindahan jurusan.

 

-          Cek persyaratan di jurusan barumu. Sebagian besar universitas mengharuskan kamu untuk sudah belajar minimal 2-6 semester sebelum bisa pindah jurusan.

 

-          Pastikan juga semua persyaratan seperti IPK, surat rekomendasi dari kepala jurusan, dan administrasi lainnya sudah lengkap.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: