Bisa Sebabkan Obesitas, Seberapa Sering Anak Boleh Konsumsi Mie Instan? Yuk Cari Tahu Moms!

Bisa Sebabkan Obesitas, Seberapa Sering Anak Boleh Konsumsi Mie Instan? Yuk Cari Tahu Moms!

Seberapa sering anak boleh konsumsi mie instan?-(Pixabay/andibreit)-

 

Frekuensi Konsumsi Mie Instan yang Aman untuk Anak

 

Pengawet yang ada dalam mie instan umumnya merupakan bahan yang telah disetujui oleh BPOM untuk digunakan dalam makanan, dan jumlahnya sudah ditentukan agar aman untuk dikonsumsi.

 

Namun, kadar natrium atau garam dalam mie instan cenderung tinggi, sehingga disarankan untuk mengurangi konsentrasinya dengan cara menambahkan bahan tambahan seperti telur dan sayuran, serta menggunakan bumbu buatan sendiri agar lebih sehat.

 

Meskipun mie instan diklaim bebas pengawet dan MSG, tetap saja ini adalah makanan semi-olahan yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

 

Anak-anak boleh saja diberi mie instan, namun perlu diperhatikan frekuensi konsumsinya agar tidak terlalu sering. Meskipun anak di atas 1 tahun sudah dapat makan makanan seperti orang dewasa, sebaiknya menunda pemberian mie instan hingga mereka berusia di atas 2 tahun, karena mempertimbangkan kematangan sistem pencernaannya.

 

Anak dapat mulai dikenalkan dengan mie instan saat usianya mencapai dua tahun. Namun, ini bukan berarti mereka boleh mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

 

Mie instan sebaiknya diberikan hanya sesekali atau dalam jumlah wajar, dan tidak dijadikan makanan sehari-hari atau dikonsumsi lebih dari satu kali sehari.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: