Sekretariat DPRD Jabar Terima Kunker dari DPRD Banten: Bahas Tugas dan Fungsi Komisi II

Sekretariat DPRD Jabar Terima Kunker dari DPRD Banten: Bahas Tugas dan Fungsi Komisi II

Kepala Bagian (Kabag) Fasilitasi, Penganggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRD Jawa Barat Iman Tohidin di ruang Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat. Senin, (15/10/24).--karawangbekasi.disway.id

i. Mengadakan rapat kerja dan rapat dengar pendapat. 

j. Mengajukan usul kepada Pimpinan DPRD yang termasuk dalam ruang lingkup bidang tugas komisi; dan

k. memberikan laporan tertulis kepada Pimpinan DPRD tentang hasil pelaksanaan tugas komisi. 

Sama halnya dengan bidang tugas Komisi II Bidang Perekonomiannya yakni, perdagangan dan Perindustrian, Wilayah Kelautan Daerah, Konservasi Alam, Ketahanan Pangan, Pertanian Tanaman Pangan, Peternakan, Perikanan, Perkebunan, Kehutanan, Logistik, Koperasi dan Pengusaha Kecil serta Pariwisata.

BACA JUGA:DLHK Karawang bersama PT BMJ Gelar Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Jadi Pupuk Kompos

“Untuk di Jabar, kita sudah punya Perda Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ini wujud keberpihakan Pemerintah Daerah Provinsi Jabar kepada UMKM,” jelas Iman Tohidin, Kota Bandung, (14/1024). 

Selain regulasi yang mendukung UMKM di Jabar, banyak juga program yang berpihak  kepada UMKM seperti Program OPOP atau One Pesantren One product. Perda dan program tersebut sebagai bentuk salah satu keberpihakn pemerintah kepada para UMKM. 

Adapun terkait mitra Komisi II Bidang Perekonomian DPRD Jawa Barat sama dengan Komisi II DPRD Provinsi Banten diantaranya; Dinas Perkebunan, Dinas Kehutanan, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Dinas Perekonomian. 

Pada tempat yang sama Ketua Komisi II DPRD Provinsi Banten, Iip Machmur menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan kerja yang dilakukan pihaknya yakni, untuk koordinasi dan pendalaman tugas dan fungsi Komisi II dalam peningkatan perekonomian pelaku usaha UMKM.

BACA JUGA:Apa Anak Anda Sering Bertengkar dengan Sodaranya? Inilah Cara Jitu agar Anak Akur dengan Sodara Kandungnya

Termasuk melakukan studi tiru pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Barat Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 

“Kami (Komisi II DPRD Provinsi Banten) melihat peningkatan dan pengembangan UMKM di Jawa Barat sangat baik. Apalagi dengan dukungan adanya Perda, kami akan studi tiru,” katanya. * 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: